Sistem Keamanan Kolam Renang Sudah Berjalan Baik

 

TANJUNG REDEB – Kolam renang kini tak hanya digunakan untuk berenang saja, tetapi juga digunakan untuk melepas penat, berlibur atau sekadar bersantai bersama keluarga. Tetapi, terlepas dari itu semua, perlu adanya kenyamanan dan keamanan yang cukup guna mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Beberapa kolam renang di Kabupaten Berau sendiri diketahui telah memiliki safety atau keamanan yang cukup bagi keselamatan pengunjung yang ada.

“Khususnya di kolam renang di sini, kita memiliki peraturan yakni anak yang berumur 2 tahun atau umur belia, harus didampingi orang tua, dan itupun juga tetap kami pantau saat ada pengunjung yang membawa anaknya yang masih umur belia untuk berenang,” ucap Pengontrol Keamanan Pengunjung Kolam Renang Berau Indah Sport Club, Marwan.

Selain itu, diungkapkan Marwan, setiap pengunjung diharuskan menggunakan pakaian renang yang memang khusus dianjurkan dipakai saat berenang.

“Pengunjung memang kita haruskan memakai pakaian renang khusus untuk berenang, dan ini juga untuk keselamatannya sendiri, karena di saat mereka memakai celana yang bukan untuk berenang seperti misalnya levis, tentu sangat berat saat di dalam air dan dapat menyebabkan kram, selain itu juga untuk menjaga kualitas air kolam tetap higienis,” tambahnya.

Selain di Berau Indah, kolam renang yang juga dipakai untuk even olahraga renang maupun sirkuit balap motor yang tidak lain adalah Kakaban Aquatic, juga memiliki beberapa peraturan standar keamanan untuk setiap para pengunjung.

“Kita di sini memang memiliki sistem untuk keamanan setiap tahunnya, antara lain di setiap kolam renang memiliki 2 hingga 3 penjaga kolam yang telah bersiap apabila terjadi kecelakaan. Apalagi, penjaga yang ada pun telah memiliki sertifikat pengalaman yang memang profesional dalam menangani kecelakaan-kecelakaan di dalam air,” ucap Kasubag Umpeg Kakaban Aquatic, Akhmad Husaini.

“Selain itu, kami juga memiliki P3K sebagai pertolongan pertama apabila terjadi kecelakaan, dan pengontrolan keamanan tidak hanya dilakukan dalam kawasan kolam renang, tetapi juga di luar kolam renang. Kami juga menyediakan penanganan medis untuk memberikan pertolongan pertama, sebelum selanjutnya dibawa ke rumah sakit," katanya.

Dalam hal ini tak hanya pengawai keamanan kolam renang yang bekerja, sebagai pengunjung juga seharusnya lebih bijak dalam melakukan liburan atau hanya untuk bersantai di kolam renang. Jangan sampai liburan ataupun waktu santai malah menjadi malapetaka bagi diri sendiri.(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: R. Amelia