Malam Takbiran Di Daerah Ini, Diisi Perpaduan Religi dan Musik Daerah

 

TELUK BAYUR – Gema suara takbir telah dikumadangkan di berbagai penjuru dunia pada 24 Juni 2017, sekaligus juga bertepatan dengan 1 syawal 1438 Hijriyah.

Khusus di Kabupaten Berau, di wilayah Teluk Bayur juga terlihat riuh-riuh dan antusias warga untuk datang menyaksikan secara langsung suasana takbiran. Terlihat begitu besarnya rasa gembira menyambut datangnya hari kemenangan tersebut. Takbiran yang dilaksanakan di Teluk Bayur ini dibuka dengan sambutan dari Camat Teluk Bayur, Najaruddin.

“Dengan penuh rasa syukur kepada Allah SWT, kita masih diberikan kesempatan untuk dapat bertemu lagi di hari kemenangan pada malam hari ini, tentu pada pelaksanakan takbiran ini perlu adanya kerjasama untuk tetap menjaga ketertiban dan keamanan, mudah-mudahan takbiran pada malam hari ini menjadi suatu pelaksanaan kegiatan yang baik untuk menyambut hari kemenangan ini,” ucapnya.

Diungkapkannya juga, pihak yang bekerjasama pada kegiatan takbiran yakni, Kapolsek, PHBI Teluk Bayur dan Pemuda.

“Harapan saya ke depannya pelaksanaan acara takbiran semacam ini akan tetap terus dilaksanakan, sebagai penanda dengan menyambut datangnya hari raya Idul Fitri itu sendiri, juga sebagai momentum agar rasa kebersamaan sesama umat beragama dan berbangsa dapat terus terjalin," katanya.

Sementara Kolsek Teluk Bayur AKP Suradi terus mengingatkan agar warga terus menjaga ketertiban dan keamanan jalannya acara takbiran. Baginya, pelaksanaan takbiran semacam ini sangat berdampak positif untuk menimbulkan rasa saling toleransi antar sesama.

“Ini menunjukkan adanya toleransi yang sangat baik terjaga antar warga yang juga hadir untuk menyaksikan acara takbiran ini, dan kerjasama beberapa pihak pun sangat luar biasa,” ungkapnya.

 

Di sisi lain, para pemuda Teluk Bayur dalam menyambut datangnya hari raya Idul Fitri ini diisi dengan alunan alat musik daerah Jember serta tak lupa juga, takbir yang dibawakan juga sedikit unik karena adanya paduan antara takbir dan alat musik daerah tersebut.

“Kegiatan ini kami laksanakan selain bertujuan menyambut datangnya hari raya Idul Fitri juga bertujuan agar membangkitkan rasa kepedulian antara pemuda dengan warga di sekitaran sini, dan juga untuk tetap mencintai budaya yang ada,” ucap Pengurus Surau Al-Amin, Rimanto.

“Harapan kami ke depannya semoga Surau sebagai tempat kami melaksanakan kegiatan ini dapat lebih makmur dan dapat lebih banyak pengunjung lagi yang datang, dan juga sebelumnya ucapan terima kasih juga kami ucapkan kepada para donatur yang telah bersimpati untuk tetap memajukan Surau ini,” tutupnya.(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: R. Amelia