Undur Waktu Ibadah, Persilahkan Umat Muslim Parkir Kendaraan di Halaman Gereja

 

TANJUNG REDEB- Memberikan rasa toleransi antar umat beragama membuktikan jika berbeda agama tetap bisa hidup berdampingan dengan aman dan nyaman. Terbukti, untuk menghormati para umat muslim yang akan merayakan hari kemenangan, dan menjalankan salat Ied yang rencananya akan dilaksanakan pada Minggu (25/06/2017), umat Kristiani dan pengurus Gereja Katolik Santo Eugenius mengundur ibadah mereka.

Pastor Agustinus Maming mengatakan, biasanya setiap hari Minggu pagi sekitar pukul 08.00 Wita, umat Kristiani menggelar ibadah di Gereja Katolik Santo Eugenius yang berdekatan dengan Masjid Agung Baitul Hikmah. Namun, pada Minggu esok, pengurus gereja sepakat mengundur waktu ibadah mereka sekitar pukul 10.00 Wita, setelah umat muslim selesai menjalankan ibadah salat Ied.

"Seperti biasa, kita hargai umat muslim yang akan beribadah besok. Sehingga kami sepakat untuk waktu ibadah kami, kami mundurkan menjadi sekitar pukul 10.00 Wita," ungkapnya saat ditemui beraunews.com, Sabtu (24/06/2017).

Dikatakannya, selain itu para pengurus gereja juga mempersilahkan bagi umat muslim yang membawa kendaraan dan akan beribadah ke Masjid Agung untuk memarkirkan kendaraannya di halaman Gereja, sehingga arus kendaraan tidak bertumpuk di badan jalan.

 

"Ya ini kami persiapkan juga untuk kendaraan masyarakat yang mau salat. Jadi kendaraan tidak bertumpuk di badan jalan. Setidaknya ada lahan untuk mereka parkir kendaraan," bebernya.

Hal ini dilakukan karena biasanya juga saat ada momen Natal ataupun kegiatan lain, umat Kristiani yang akan beribadah ke gereja sering meminjam lahan masjid untuk memarkir kendaraan, sehingga tidak ada salahnya hal ini dilakukan sebagai rasa terimakasih atau hormat kami.

"Kami sedang persiapkan halaman untuk parkir kendaraan besok, dan kami juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri untuk umat muslim di Kabupaten Berau," tutupnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia