IKA Fahutan Unmul Buka Puasa Bersama Sekaligus Susun Program Kerja

 

TANJUNG REDEB – Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Kehutanan (Ika Fahutan) Universitas Mulawarman Cabang Berau, menggelar buka puasa bersama pada Minggu (18/06/2017) kemarin. Buka puasa bersama tersebut, dikatakan Ketua Ika Fahutan Berau, Arif Lukman Hakim, bertujuan untuk menjalin silaturahmi sesama alumni Fakultas Kehutanan dari berbagai angkatan.

Selain itu, di sela-sela buka puasa bersama juga dilaksanakan agenda penyusunan program kerja jangka pendek tahun 2017 untuk Ika Fahutan.

"Karena kita juga jarang bertemu, maka lewat agenda ini kita bicarakan semua program-program apa yang bisa dilaksanakan dalam waktu dekat. Untuk program jangka panjang mungkin akan dibicarakan usai lebaran nanti," katanya.

Tak hanya membahas program jangka pendek Ika Fahutan, dalam buka puasa bersama tersebut juga dibahas mengenai kesekretaritan Ika Fahutan yang saat ini belum berdiri. Dikatakannya, saat ini pihaknya baru menerima surat pinjam pakai dari Kantor Dinas Kehutanan.

"Saat ini kita belum ada kantor resmi, itu juga yang akan kita usahakan. Paling tidak saat ini sudah ada surat pinjam pakai yang nantinya akan digunakan sebagai lahan sekretariat Ika Fahutan," ucapnya.

Tak hanya itu, untuk memantapkan sumber dana Ika Fahutan, pihaknya juga berencana untuk membentuk koperasi simpan pinjam di kalangan Ika Fahutan sendiri.

"Kalau memang kita serius nanti akan kita bicarakan juga terkait pengurusnya. Nanti akan dibicarakan lebih lanjut lagi bersama anggota yang lain," ujarnya.

Adapun kontribusi Ika Fahutan yang telah diberikan untuk Berau dikatakannya perlu diidentifikasi. Sebab sudah cukup banyak kegiatan yang dilakukan pihaknya, seperti mengadakan seminar terkait daerah pinggiran. Selain itu pihaknya juga sudah lakukan kerja sama bersama Dinas Kehutanan terkait hutan tangap.

"Seperti hutan tangap itu kan sangat berpotensi, apalagi selama ini hutan tangap disebut juga miniatur hutan Kalimantan, khususnya Berau. Sebab selama ini pengelolaannya belum dikelola maksimal," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia