Tiket Pesawat Ludes Jelang Lebaran, Travel Mobil Pun Kena Imbasnya

 

TANJUNG REDEB – Hari Raya Idul Fitri tinggal beberapa minggu lagi, dan persiapan untuk bepergian keluar daerah untuk mudik ataupun menikmati hari libur setelah hari raya, membuat penjualan tiket pesawat melonjak drastis.

Seperti halnya di beberapa agen penjualan tiket pesawat, yang telah merasakan dampak dari menjelangnya hari raya tersebut, adapun sebagian agen pesawat yang mengatakan jika dari pertengahan awal puasa pun, telah banyak dari sebagian masyarakat menyambangi penjual tiket.

“Dari pertengahan puasa mungkin hingga beberapa hari menjelang lebaran permintaan pembelian tiket pesawat dapat terus bertambah,” ucap Branch Manager PT Borneo (salah satu agen penjualan tiket pesawat-red) Jaya Hapsiah, kepada beraunews.com, Selasa (13/06/2017).

Diungkapkan Hapsiah, perbedaan saat hari biasa yang biasanya sepi sedikit, setelah menjelang datangnya hari raya peningkatan penjualan tiket pesawat menjadi lebih tinggi penjualannya.

“Dibandingkan dengan tahun lalu, di tahun ini lebih meningkat lagi, bahkan ada yang sampai tidak kebagian seat,” sambungnya.

Adapun tujuan yang paling banyak yakni dari Berau ke Surabaya dan Berau ke Makassar. Tarif setiap tiket pun tergantung dari pesawat yang ditumpangi, karena setiap agen mengatakan jika tarif setiap tiket pesawat adalah dari pihak bandara ataupun dari pihak pesawat sendiri.

“Tarif atau harga tiket yang kita kasih di sini, itu semua sesuai dengan tarif yang telah ditentukan oleh pihak bandara ataupun pesawatnya sendiri, itupun kalau pembeli booking tiketnya pada bulan-bulan Februari ataupun Maret, biasanya harga tiketnya bisa jauh lebih sedikit murah, misal yang biasanya 2 juta, di bulan Januari atau Maret itu bisa di bawah 2 juta,” ucap Hapsiah menambahkan.

Terlepas dari penjualan tiket pesawat, Rental Travel Mobil juga tak kalah ramai dikunjungi masyarakat yang ingin bepergian ke luar Berau.

“Kalau rental travel mobil ini, biasanya beberapa hari menjelang lebaran angka penjualannya sangat drastis meningkat, tujuan sudah pasti hanya seputaran Samarinda dan Kalimantan Utara,” ucap Branch Manager PT Sun Jaya Abadi, Sriyanto, yang juga menyediakan jasa travel mobil sekaligus penjualan tiket pesawat.

“Tetapi, jika penjualan tiket pesawatnya di sini kebanyakan tujuannya adalah Balikpapan dan Surabaya, memang keperluannya mayoritas adalah untuk mudik, jika dari sisi liburannya kebanyakan para remaja ataupun anak muda yang membeli tiket untuk liburan tadi,” sambungnya.

Bagaimana dengan anda? Sudahkah anda mempersiapkan keberangkatan anda untuk mudik pulang kampung, atau hanya berlebaran di sekitaran wilayah kota anda sekarang?(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: R. Amelia