Bulan Ramadan, Kinerja ASN Tak Boleh Kendor

 

JAKARTA – Bulan suci Ramadan 1438 H yang segera tiba diharapkan dapat menjadi ajang bermaafan satu dengan yang lainnya, termasuk bagi para pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN). Meskipun ada pengurangan jam kerja, tetapi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menekankan agar kinerja ASN tidak kendor.

Hal itu dikatakannya dalam acara ramah tamah menjelang bulan suci Ramadan bersama segenap pegawai Kementerian PANRB, di Jakarta, Jumat (26/05/2017). Dalam kesempatan tersebut Menteri mengajak para pegawai ASN untuk tetap menjaga kekompakan bersama, dan tidak menyalahkan satu dengan yang lainnya.

“Bulan suci Ramadan harus disikapi untuk menyatukan kekuatan dari setiap unit kerja, agar tugas dapat dikerjakan dengan ringan,” ujarnya, sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi menpan.go.id, Jumat (26/05/2017).

Dalam kesempatan itu, Menteri juga mengatakan tidak akan menggelar open house saat Idul Fitri. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi para pegawai agar dapat berkumpul dengan sanak keluarga, terlebih bagi yang mudik ke kampung halaman.

"Saya tidak akan menggelar open house, cukup halal bihalal saat hari pertama masuk kerja saja. Kalau ada yang mau lebaran ke rumah silahkan saja, tapi dilihat dulu saya ada di rumah atau tidak," ujarnya menambahkan.

Dengan tidak adanya open house saat Idul Fitri nanti, diharapkan para pegawai tidak mengambil cuti tambahan. Karena dengan libur dan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah dinilai sudah cukup untuk berlebaran bersama sanak keluarga.

"Pegawai sudah harus masuk kantor setelah cuti bersama lebaran, tidak mengambil cuti tambahan. Kita harus memberi contoh bagi pegawai Kementerian/Lembaga lainnya," ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, selama bulan suci Ramadan akan digelar ibadah salat terawih di Masjid Quba Kementerian PANRB yang akan didahului dengan pembagian takjil bagi warga masyarakat yang datang untuk berbuka puasa.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya salat Tarawih hanya untuk pegawai, tahun ini akan dibuka juga untuk masyarakat, mulai hari senin sampai kamis," katanya.(byu/HUMAS MENPANRB/bnc)