Pelayanan Publik Harus Terus Berinovasi

 

SAMARINDA – Dituntut agar pelayanan publik bisa memberikan layanan terbaik, Anggota Komisi I DPRD Kaltim, Syarifah Fatima Alaydrus berharap agar pelayanan publik baik di bidang kesehatan maupun administrasi kependudukan dan pelayanan lainnya untuk tak ragu melakukan inovasi yang lebih baik lagi.

“Tak perlu malu mencontoh inovasi pelayanan dari daerah lain, karena bukan berarti mencontek hal buruk. Mencontoh disini artinya mengadopsi inovasi yang bisa diterapkan, lagipula tentu tidak semua diadopsi. Setiap wilayah memiliki karakter masing-masing untuk disesuaikan,” katanya, sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi dprd-kaltimprov.go.id, Rabu (24/05/2017).

Ia mencontohkan, seperti pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melalui inovasi bagaimana pelayanan pembuatan E-KTP dapat terukur. Terdapat standar pelayanan seberapa lama proses dimulai, pembuatan hingga E-KTP jadi dan bisa diambil.

“Informasi terkait proses dan lama layanan juga sebaiknya disosialisasikan misalnya dengan menempelkan informasi tersebut pada papan informasi,” ungkapnya.

Apalagi jika pejabat terkait telah ada yang mengikuti Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan (Diklatpim) mengenai inovasi-inovasi yang dapat dijalankan dilayanan publik milik pemerintah. Maka harus benar-benar diaplikasikan.

“Tidak ada salahnya juga bila melakukan inovasi-inovasi serupa yang telah dilakukan pelayanan publik milik swasta sepanjang yang dilakukan tidak menyalahi aturan,” imbuhnya.(hms5/bnc)