Desak Segera Bentuk UPTD Disdik Kaltim

 

SAMARINDA – Desakan untuk segera membentuk Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) sebagai perpanjangan tangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim di seluruh kabupaten/kota, datang dari daerah Bontang. Hal tersebut menjadi kesimpulan rapat konsultasi Komisi I DPRD Bontang dengan Komisi IV DPRD Kaltim, beberapa waktu lalu.

Ketua Komisi I DPRD Bontang Agus Haris mengatakan, keberadaan UPTD dalam rangka efisiensi birokrasi guna memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dan berkoordinasi antara sekolah-sekolah SMA/SMK di daerah dengan Disdik Kaltim.

“Kami mewakili guru-guru di Bontang meminta agar Pemprov Kaltim segera membentuk UPTD, mengingat sangat berkaitan erat nantinya dengan Bantuan Operasional Sekolah (BOSDA) hingga insentif guru,” kata Haris didampingi Bilher, Abdul Malik, Kaharuddin Jafar, Yandri Dasa, Satiyoko Waluyo, dan Muslimin, sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi dprd-kaltimprov.go.id, Senin (22/05/2017).

Agus menambahkan, melalui UPTD akan lebih memudahkan kontrol dan memberikan pelayanan ke berbagai sekolah khususnya daerah pedesaan dan pedalaman. Kedua hal tersebut apabila dapat berjalan maka akan maksimal.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Zain Taufiq Nurrohman mengakui, hingga saat ini UPTD Disdik Kaltim masih belum terbentuk. Pasalnya, pemerintah provinsi masih menunggu Peraturan Menteri Dalam Negeri sebagai dasar hukum.

Menurutnya, ini dilakukan sebagai langkah kehati-hatian pemerintah provinsi. Padahal, sebenarnya Kaltim sudah memiliki Peraturan Daerah tentang Pendidikan sehingga hanya membutuhkan Peraturan Gubernur sebagai petunjuk teknis.

“Keinginan pemerintah provinsi untuk menunggu Permendagri harus dihormati, tetapi jangan sampai setelah selesai pembahasan APBD-P Kaltim 2017. Sebab apabila anggaran sudah disahkan, maka dalam pelaksanaanya Disdik Kaltim perlu UPTD guna memudahkan pengawasan dan pelayanan,” tutur Zain ketika memimpin rapat yang dihadiri Muhammad Adam, dan Yahya Anja.

Ia menjelaskan, rencananya di Kaltim akan dibangun sebanyak lima, yakni UPTD Samarinda-Kutai Kertanegara, UPTD Kutai Barat-Mahulu, UPTD Balikpapan-Penajam Paser Utara-Paser, dan UPTD Bontang- Kutai Timur, serta UPTD Berau.(hms4/bnc)