Jelang Puasa, Pengemis Non Lokal Berkeliaran

TANJUNG REDEB – Jelang bulan Ramadhan, Kepala Satpol PP, Ahmad Ismail, mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang kerap berkeliaran dan meminta-minta atau biasa juga dikenal pengemis.

Pengemis tersebut dikatakannya sengaja datang ke Berau untuk meminta-minta dengan berbagai macam modus. Bahkan ada yang berani mengatasnamakan sebuah lembaga, yayasan, pesantren hingga pembangunan masjid.

“Terutama menjelang bulan puasa, mereka ini menyebar. Mereka ini rata-rata orang dari luar Berau yang sengaja datang ke sini,” ucapnya kepada beraunews.com, Rabu (17/05/2017).

Pada umumnya, pengemis tersebut sengaja menyasar ke tempat-tempat yang dianggap mudah mendapatkan penghasilan, mulai dari rumah warga, hingga tempat umum. Demi keamanan dan kenyamanan, ia juga mengimbau masyarakat untuk dapat melaporkan keberadaan pengemis tersebut kepada pihaknya jika menemukan mereka.

“Kalau ada masyarakat yang menemukan atau mendapatkan kawanan pengemis ini melakukan aksinya, maka bisa segera melapor ke kami. Bisa melalui nomor pengaduan kami di 081318683338 atau langsung ke Kasatpol PP,” ujarnya.

Hal itu dilakukannya, sebab beberapa kali masyarakat mengadukan atas ketidaknyamanan dengan kawanan pengemis tersebut. Sehingga untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, ia menyarankan untuk menghindari atau melaporkan keberadaan pengemis tersebut.

“Kami juga sudah mengamankan pengemis hari ini. Selanjutnya kami akan bina dan beri peringatan kepada mereka untuk tidak melakukan hal serupa lagi, atau nanti kalau memang benar-benar tidak mampu dan merupakan orang Berau bisa dibantu melalui Dinas bersangkutan,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia