Terkam Anjing Peliharaan, Sanca 4,5 Meter Mati Dibunuh Warga

BATU PUTIH – Seekor Ular Sanca batik berukuran cukup besar ditemukan warga di sekitar jalan usaha tani RT 06 Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih. Khawatir membahayakan manusia, ular tersebut pun terpaksa dibunuh. Apalagi, ular itu sempat menerkam seekor anjing warga yang tengah melintas di jalan itu.

Sika, salah seorang warga yang menemukan ular mengaku hendak menuju salah satu pohon aren, yang berada sekitar 1,5 kilometer dari persimpangan poros jalan. Akan tetapi, di tengah perjalanan, salah seekor anjing peliharaannya yang berada di depan diterkam ular. Dengan ukurannya yang panjang dan besar, tidak butuh waktu lama bagi ular tersebut untuk melumpuhkan seekor anjing dewasa itu.

“Anjing itu cuma sekali bersuara, setelah itu sudah tidak kedengaran lagi karena lilitannya. Kalau saya perkirakan panjang ularnya sekitar 4,5 meter, mungkin lebih,” ungkapnya kepada beraunews.com, Selasa (16/05/2017).

Ia mengaku saat melihat kejadian tersebut, sontak dirinya langsung mengambil parang kelewang yang dibawanya, dan mengayunkannya ke sejumlah bagian di tubuh ular tersebut, hingga ekornya putus. Sebab kata dia, selain melilit anjingnya, ia juga sempat diserang oleh ular itu. Beruntung, jarak antara dirinya dan ular tersebut masih cukup jauh.

Apa yang ia lakukan dengan membunuh ular Sanca tersebut dikatakannya adalah langkah tepat. Sebab, jika ular tersebut dibiarkan, khawatir akan membahayakan masyarakat yang beraktivitas di sekitar jalan usaha tani itu.

“Jika dibiarkan, takutnya membahayakan manusia. Sebab, ular ini sepertinya kelaparan dan sengaja menunggu di sekitar jalan untuk mengintai mangsa, kalau hanya manusia, bisa sudah dimangsanya. Begitu mati bangkainya saya tarik pakai motor dan perlihatkan ke orang di sini agar lebih waspada lagi,” bebernya.

Ia mengatakan, di sekitar hutan Tembudan, masih banyak ular Sanca yang berukuran besar yang kerap ditemukan warga. Baik itu sedang memangsa binatang, maupun ular Sanca yang sedang melintas. Bahkan, beberapa hari lalu di sekitar poros jalan Kampung Tembudan menuju Kampung Kayu Indah, seekor ular Sanca berukuran cukup besar mati tertabrak mobil saat malam hari.

“Kalau ular seperti ini masih banyak di sini. Dulu di kilometer 9 saya bersama teman menemukan ular Sanca sepanjang 9 meter,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia