Maksimalkan Potensi Pesisir dan Pulau Kecil

 

JAKARTA – Badan Musyawarah dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kaltim melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, beberapa waktu lalu di Kantor Gubernur DKI Jakarta. Rombongan dipimpin Ketua Bapperda DPRD Kaltim, Jahidin dan diterima Kabid Pengawasan dan Pembangunan Daerah Pemprov DKI Jakarta, Afan Adriansyah.

Jahidin mengatakan, sharing tersebut terkait pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kaltim tentang Zona Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil sebagai upaya daerah dalam memayungi potensi di kedua kawasan tersebut.

Dia menambahkan, intinya bagaimana memaksimalkan potensi pesisir dan pulau-pulau kecil sebagai objek dalam menambah pendapatan daerah di tengah terus menurunnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim.

“Salah satunya, pelabuhan bagaimana pengaturan tempatnya yang ideal agar tidak menimbulkan dampak lingkungan dan bagaimana memaksimalkannya sehingga mampu menjadi sumber pendapatan daerah yang maksimal,” sebutnya, sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi dprd-kaltimprov.go.id, Selasa (16/05/2017).

Dipilihnya, DKI Jakarta kata Jahidin, dikarenakan memiliki kesamaan dalam hal daerah pesisir dan pulau-pulau kecil dan telah lebih dulu memiliki peraturan daerah terkait sehingga dinilai penting untuk melakukan tukar informasi demi kesempurnaan draf raperda.

“Selain itu bagaimana Pemprov DKI Jakarta dalam mengatasi berbagai persoalan seperti pembebasan lahan yang nantinya menjadi objek pembangunan di kawasan pesisir, dan berbagai persoalan lainnya yang membutuhkan tukar pikiran,” katanya.

Menurutnya, itu semua dibutuhkan dalam rangka memaksimalkan draf raperda yang saat ini sedang disusun sehingga meminimalisir adanya kekurangan agar ketika nantinya diterapkan benar-benar mampu menjadi solusi terbaik.(hms4/bnc)