Kaltim Siap Jadi Tuan Rumah MNEK 2018

 

SAMARINDA – Kaltim direncanakan menjadi tuan rumah even internasional  3rd Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018. Kegiatan yang diikuti ribuan tentara Angkatan Laut dari berbagai negara ini terungkap pada presentasi Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Balikpapan, beberapa waktu lalu.

Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak sangat setuju perhelatan itu digelar di Balikpapan, Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara (Kukar).

“Kaltim siap jadi tuan rumah. Usul saya, kalau bisa kegiatan ini juga sampai ke Kutai Timur bahkan Berau,” kata Awang di Kantor Gubernur, sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kaltimprov.go.id, Jumat (12/05/2017).

Menurut Awang, even internasional ini memberi manfaat besar bagi daerah, terutama untuk mengenalkan potensi ekonomi dan kepariwisataan Kaltim. Diantaranya, Balikpapan memiliki bandara internasional, kilang minyak dan kawasan industri  yang terkoneksi dengan KEK Buluminung di PPU. Sedangkan, Kutai Timur terkoneksi dengan Kota Bontang dimana terdapat objek vital nasional, seperti perusahaan tambang batubara (PT Kaltim Prima Coal/KPC). Demikian pula di Bontang juga terdapat dua perusahaan besar penyuplai pupuk dan gas, yakni PT Pupuk Kaltim dan PT Badak NGL. Sementara Kabupaten Berau merupakan salah satu klaster ekonomi Kaltim untuk pengembangan kawasan industri pariwisata.

“Di sana ada objek wisata unggulan berupa gugusan kepulauan, yaitu Pulau Derawan, Sangalaki, Kakaban dan Maratua yang memiliki keindahan wisata laut yang luar biasa,” jelas Awang.

Selain itu, kegiatan yang melibatkan kabupaten dan kota ini diharapkan terbangun sinergi yang baik di lingkup pemerintah daerah.

Gubernur meminta 3rd MNEK (latihan perang bersama) yang dipusatkan di Balikpapan dirangkai dengan kegiatan bhakti sosial dan olahraga, pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan bazaar kuliner khas Kaltim. Sementara itu, Danlanal Balikpapan Kolonel Laut Irwan SP Siagian menjelaskan kegiatan rencananya digelar pada April tahun depan selama sepekan.

“Hingga saat ini sudah 32 negara yang terdaftar berpartisipasi dalam 3rd MNEK 2018 yang diperkirakan diikuti sekitar 9.000 tentara AL,” ujar Irwan Siagian.

Dia menambahkan Nusa Tenggara Barat (NTB) juga digadang menjadi tuan rumah 3rd MNEK selain Kaltim.

“Namun kondisi alam atau cuaca laut pada saat itu diperkirakan kurang bersahabat, sehingga Kaltim lebih berpeluang,” ungkapnya.(yans/sul/humasprov/bnc)