Apakah Masyarakat Berau Tahu Makanan Khasnya..?

 

TANJUNG REDEB – Talinga Sagayi, Rangai, Kajajanga, dan Pindang Manung adalah salah satu dari contoh kuliner khas Berau. Tetapi, apakah masyarakat Bumi Batiwakkal sendiri dapat menyebutkan salah satu contoh masakan khas Berau?

“Saya tahunya cuma Talinga Sagayi saja, kalau kuliner khas Berau lainnya kurang tahu,” kata salah satu warga, Fadil.

Dari kebanyakan jawaban yang didapat saat melakukan wawancara, sebagian besar warga hanya mengetahui Talinga Sagayi, padahal masih banyak masakan khas Berau lainnya. Selain itu, dengan banyaknya jenis masakan luar yang disajikan di setiap rumah makan, restoran, maupun cafe, menjadikan individu yang lebih menyukai masakan modern tersebut, tidak mengetahui masakan khas kabupatennya sendiri.

“Jarang lihat soalnya masakan khas Berau, jadi tidak tahu sih nama-namanya,” ucap warga lain, Diana.

Makanan khas Berau terkadang memang sulit dijumpai, terkecuali saat perayaan hari jadi, atau pameran-pameran tradisional seperti contohnya sekarang, Pasar Barambang dan Pasar Barayak, yang banyak menyajikan pameran-pameran tradisional.

Di sisi lain, ternyata, masih ada warga Berau yang mengetahui nama-nama bahkan jenis makanan tradisionalnya. Seperti contohnya warga Teluk Bayur, Meka.

“Kue atau camilannya itu seperti Talinga Sagayi, dan Garuda Basallam, yang bentuknya seperti kue klepon. Kalau makanannya yang saya tahu Sayur Rutun dan Sayur Kaladi,” ucapnya.

“Puncak Rasul itu juga sering ada pas Hari Jadi Berau, sepertinya juga masakan khas Berau ya,” kata warga lainnya, Peni.(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: R. Amelia