Serapan Anggaran Bukan Ukuran Keberhasilan

 

GORONTALO – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan bahwa kemajuan suatu daerah sangat bergantung pada komitmen kepala daerah.

"Kalau kepala daerah punya komitmen tinggi harus diikuti penyelenggara negaranya (SKPD)," ujarnya saat beramah-tamah dengan Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin dan seluruh SKPD Gorontalo Utara di Gorontalo, Senin (24/04/2017), sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi menpan.go.id, Slasa (25/04/2017).

Menteri Asman mengimbuhkan bahwa setiap SKPD harus mempunyai target yang jelas di Ngan kinerja yang terukur. Diingatkan, ukuran keberhasilannya tidak lagi berdasarkan serapan anggaran. Hasil tersebut merupakan ukuran kinerja para pejabat. "Yang jadi ukuran itu hasil yang didapatkan dari anggaran tersebut. Jika ada pejabat yang tidak berkinerja, segera ganti pejabatnya.," tegasnya.

Menteri kembali menegaskan keseriusannya untuk menjadikan PNS/A SN menjadi jabatan yang paling bergengsi. Hal ini diharapkan diikuti dengan gaji yang tinggi, tidak boleh kalah dengan pegawai swasta. "Untuk itu kompetensi PNS harus terus ditingkatkan. Dan orang yang masuk PNS merupakan orang pilihan," ujarnya.

Usai ramah tamah, kunjungan kerja Menteri Asman dilabjutkan ke tempat pembangunan Polres Gorontalo Utara. Bupati Gorontalo Utara berharap, dengan kehadiran Menteri PANRB dapat mendorong mempercepat penyelesaian pembangunan Polres tersebut. Menteri PANRB melanjutkan ke Pelabuhan Anggrek.

Dalam kesempatan itu, Menteri Asman memberikan apresiasinya karena Aparatur Sipil Negara tetap menjalankan tugasnya meski hari libur. Dirinya juga berharap bahwa Pelabuhan Anggrek menjadi pusat pelabuhan bongkar muat barang di Gorontalo.(rr/HUMAS MENPANRB/bnc)