Perempuan Harus Produktif dan Terampil

 

SAMARINDA – Perempuan, khususnya para ibu rumah tangga harus tetap produktif dan memiliki keterampilan bahkan berjiwa wirausaha.

Hal itu diungkapkan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Provinsi Kaltim, Hj Sherly Warsita Rusmadi, pada Pelatihan Pembuatan Makanan dari Ikan di Aula Rumah Jabatan Sekprov Kaltim, Kamis (20/04/2017).

Menurut dia, anggota maupun pengurus DWP memiliki tanggungjawab besar terhadap kehidupan keluarganya.

“Selain mendampingi suami selaku aparatur negara, anggota DWP yang juga para ibu rumah tangga berkewajiban mendidik anak-anak. Anggota dan pengurus DWP juga harus terampil, produktif dan berjiwa wirausaha,” katanya, sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kaltimprov.go.id, Jumat (21/04/2017).

Produktif dan berjiwa wirausaha lanjutnya, sangat penting dimiliki kaum perempuan terutama ikut membantu meningkatkan pendapatan keluarga.

Sementara itu Ketua DWP Kaltim Hj Sonya Evelin Saini mengemukakan pelatihan bertujuan meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta keterampilan anggota DWP.

“Pengurus dan anggota DWP agar menjadi insan yang produktif, terampil, kreatif dan mampu bersaing dan berwirausaha di bidang kuliner. Karena itu, pelatihan mengolah makanan dari ikan hari ini sangat penting,” ujar Sonya Evelin Saini.

Dia menambahkan kegiatan selain implementasi program bidang ekonomi juga mewujudkan renstra organisasi untuk meningkatkan sumber daya anggota.

Pelatihan kerjasama DWP Kaltim dengan DWP Setdaprov Kaltim menghadirkan pemateri dariinas Kelautan dan Perikanan Kaltim.

Materi diisi terkait memilih ikan segar bebas dari bahan kimia berbahaya (formalin) dan cara pengolahan produk perikanan untuk kuliner berupa empek-empek dan nuggets.

Tampak hadir dan membuka pelatihan penasehat DWP Kaltim Hj Ence Amelia Suharni Faroek.(yans/sul/ri/humasprov/bnc)