Optimalkan Anggaran Berbasis Kebutuhan Publik

 

SAMARINDA – Anggota DPRD Kaltim Ali Hamdi mengatakan, sesuai dengan tugas dan fungsi dewan, dirinya berserta rekan di dewan kini sedang melaksanakan berbagai kegiatan. Seperti rapat bersama mitra kerja di alat kelengkapan DPRD Kaltim, semua itu dilakukan dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan anggaran yang mengutamakan kebutuhan Publik.

Kegiatan yang telah terjadwal sesuai dengan kesepakatan hasil Badan Musyawarah (Banmus), menjadi acuan DPRD Kaltim dalam melaksanakan tugas yang telah disusun.

"Harapannya, ke depan setiap penganggaran dana oleh DPRD Kaltim bersama SKPD terkait bisa lebih prorakyat. Setiap kerja-kerja dewan selalu melibatkan mereka sebagai mitra kerja. Kami tidak sendiri, bahkan seluruh komponen stakeholder turut mendukung agar anggaran yang dialokasikan manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat, " katanya, sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi dprd-kaltimprov.go.id, Selasa (21/03/2017).

Ia juga menambahkan, harapannya agar anggaran dapat menyentuh dan memenuhi kebutuhan publik. Oleh sebab itu, masukan dari masyarakat juga diperlukan. Salah satunya seperti melalui jaring aspirasi ke daerah pemilihan yang dilakukan anggota DPRD Kaltim di setiap masa sidangnya.

Diterangkan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim ini, pemenuhan kebutuhan publik tersebut diantaranya pendidikan, kesehatan, kesejahteraan rakyat, pengembangan sumber daya manusia serta hal - hal lain yang menunjang perbaikan pada segala aspek kehidupan masyarakat.

Tak hanya itu, sinergisitas antara legislatif dan eksekutif juga menjadi harapan yang ingin dicapai. Ia berharap potret permasalahan yang terjadi di Kaltim harus terus menjadi alasan keinginan DPRD untuk terus lebih baik dalam mengelola keuangan.

"Kami (DPRD Kaltim-red) tentu terus berupaya memperkuat fungsinya, sebagai fungsi pengawasan, sementara dalam fungsi anggaran, mengingat anggaran daerah sifatnya multidimensi, maka banyak hal yang menjadi PR DPRD Kaltim agar ke depan bisa lebih baik lagi," urainya.(hms5/bnc)