Maksimalkan Peran Masyarakat dalam Pengawasan

 

SAMARINDA – Anggota Komisi III DPRD Kaltim Muhammad Samsun meminta masyarakat untuk dapat proaktif dalam membantu melakukan pengawasan terhadap proyek pengerjaan infrastruktur yang ada di daerahnya masing-masing.

Pengawasan yang dimaksud, kata Samsun, seperti perbaikan dan pembangunan jalan, sekolah, hingga jembatan. Sebab dalam melaksanakan fungsi pengawasan,  dibutuhkan bantuan masyarakat luas agar maksimal.

Dia mencontohkan, seperti pembangunan infastruktur jalan, kemudian masyarakat menilai dalam pengerjaannya tidak sesuai, dan akhirnya cepat rusak, tidak sesuai dengan target awal. Juga pembangunan bendungan untuk irigasi yang belum genap setahun sudah jebol.

“Misalnya, jalan rusak. Kemudian pemerintah melakukan perbaikan tetapi hanya ditambal seadanya. Kemudian masyarakat bingung mau mengadu kemana dan masalah seperti ini baru akan terlihat ketika reses, padahal seharusnya cepat dilaporkan,” ujar Samsun, sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi dprd-kaltimprov.go.id, Senin (20/03/2017).

Oleh sebab itu, ia meminta masyarakat untuk tidak ragu melaporkan setiap ada pengerjaan infrastruktur di daerahnya yang diduga janggal, dan tidak sesuai dengan semestinya.

Menurutnya, semua laporan yang diberikan masyarakat akan ditindaklanjuti dan akan diserahkan kepada komisi pembidangan, guna dapat dicarikan solusi terbaik, mulai dari melakukan cross check (pengecekan silang), hingga pemanggilan kepada SKPD dan kontraktor yang menangani.

“Melalui terjun langsung melihat fakta yang dilaporkan oleh masyarakat dan kemudian melakukan rapat dan pertemuan dengan pihak terkait lainnya, akan diketahui indikator awal sumber persoalan, sehingga nantinya akan mudah diselesaikan,” tuturnya.(hms4/bnc)