Kuota Haji Kaltim Bertambah Jadi 15 Kloter

 

SAMARINDA – Kerjasama yang baik antara Pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi baru-baru ini, berdampak negatif bagi Kaltim. Dampak positif dari kerjasama yang baik tersebut, kuota haji Indonesia bertambah tahun ini. Untuk Kaltim, kuota kelompok terbang (kloter) haji Kaltim bertambah. Awalnya 12 kloter kini menjadi 15 kloter. 

Dari 15 kloter, kuota jamaah yang akan berangkat berjumlah 3.012 orang. Terdiri dari, 2.987 orang untuk jamaah haji dan 25 orang untuk Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Kaltim dan Kaltara.

"Alhamdulillah, Pemprov Kaltim sangat bersyukur atas kebijakan tersebut. Artinya, dengan adanya penambahan ini masyarakat merasa senang. Karena, awalnya jamaah yang usia tua diutamakan. Karena adanya penambahan ini, maka mereka yang tidak berkesempatan akan memiliki kesempatan, khususnya mereka yang masih usia muda," kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim Hj Meiliana usai membuka Rakor Penetapan Kuota Haji se-Kaltim dan Kaltara di Ruang Heart Of Borneo di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (14/03/2017), sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kaltimprov.go.id, Rabu (15/03/2017).

Dengan adanya penambahan tersebut, maka kuota calon jamaah haji Kaltim kembali pada 2012 yang mendapat porsi 15 kloter. Karena itu, Pemprov Kaltim, mendukung apa yang menjadi kebijakan Kementerian Agama RI. Termasuk kelancaran pemberangkatan kloter haji juga akan dipersiapkan dari sekarang.

Kakanwil Kemenag Kaltim H Saifi mengatakan bersyukur atas pengembalian jumlah kuota kloter calon jamaah haji Kaltim tahun ini. Dimana, dari Embarkasi Balikpapan, kloter tersebut meliputi jamaah dari Kaltim, Kaltara, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

"Kita harapkan dengan bertambah kuota ini, pelayanan kita juga semakin baik," jelasnya.(jay/sul/adv/bnc)