Kemendagri Terus Pacu Jalannya Proyek E-KTP

 

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan, saat ini Kemendagri terus memacu proyek KTP elektronik. Mendagri menyebutkan saat ini sudah memasuki tahapan finalisasi tender dalam pengadaan blanko KTP elektronik.

“Sekarang tahap finalisasi tender, ini laporan yang kami terima dari Ditjen Dukcapil Kemendagri,” ungkap Mendagri seusai melaksanakan Rapat Kerja bersama Komite I DPD RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (07/03/2017), sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kemendagri.go.id.

Tjahjo terus mengimbau kepada masyarakat untuk terus berperan aktif merekam data E-KTP. Menurut dia, tidak hanya pemerintah tetapi peran dari masyarakat juga dinilai penting dalam mensukseskan perekaman data.

“Masyarakat juga harus proaktif, yang tinggalnya di apartemen yang di kota-kota besar, Surabaya itu bagus, habis maghrib door to door (dari pintu ke pintu),” tutur dia.

Terkait dengan adanya kasus dugaan korupsi proyek E-KTP, Tjahjo optimis tidak akan menggangu proyek E-KTP yang sedang berjalan saat ini. Mendagri menyerahkan sepenuhnya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia menilai KPK lebih berwenang dalam menuntaskan kasus dugaan korupsi proyek E-KTP tersebut. Sehingga, pemerintah yakin saat ini tetap terus memacu perekaman data. Kemendagri menurut dia akan terus berhati-hati dalam proyek KTP elektronik.

"Tidak ada masalah kami jalan terus. Walau ibarat naik mobil persnelingnya belum bisa lancar tapi kami terus memacu perekaman data. Saat ini sedang finalisasi tender," kata Tjahjo.

Sebagaimana yang sebelumnya diungkapkan oleh Dirjen Dukjcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, blanko E-KTP akan tersedia pada minggu ketiga Maret 2017. Disamping itu, sebanyak 4,5 juta jiwa masyarakat yang berstatus Print Ready Record (PRR) juga akan mendapatkan blanko KTP elektronik.(Humas Puspen Kemendagri/bnc)