Khawatirkan Fiskal, Mendagri Tunda Usulan Pemekaran Daerah

 

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan penjelasan terkait dengan adanya penundaan sebanyak 237 proposal usulan pemekaran daerah. Pada prinsipnya Mendagri melakukan penundaan pemekaran lantaran dikhawatirkan menghabiskan anggaran.

Tjahjo menegaskan, usulan pemekaran daerah ini akan dilakukan penundaan selama lima tahun dengan maksud pemerintah fokus dalam penataan.

BACA JUGA : Usulan Pemekaran Daerah Harus Perhatikan Kondisi Wilayah

“Saya melihat usulan pemekaran ini mungkin ditunda lima tahun supaya pemerintah juga memiliki waktu fokus untuk penataan,” tutur Tjahjo di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (22/02/2017) sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kemendagri.go.id, Kamis (23/02/2017).

Mendagri juga berharap nantinya dengan adanya pemekaran daerah di masa yang akan datang bisa membuat daerah untuk aktif membangun daerah. Dia juga mengimbau untuk membuat anggaran yang jelas.

BACA JUGA : Mendagri : Defisit, DOB Berau Pesisir Selatan Ditunda Lagi

“Jangan sampai membuat anggaran tanpa dasar yang jelas, Musrenbang jadi perhatian utama agar ada hubungan baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” ungkap dia.(Humas Kemendagri/bnc)