Pemprov Kaltim Pastikan BSB Operasional pada Akhir 2017

 

SAMARINDA – Pemprov Kaltim memastikan pada akhir 2017, Bandara Samarinda Baru (BSB) APT Pranoto siap beroperasi. Pasalnya, pendukung operasional Bandara tersebut telah ada, mulai dari Runway, Apron hingga Exit Taxiway sudah siap.

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Salman Lumoindong mengatakan, meski Taxiway yang bisa digunakan hanya satu unit. Tetapi, itu bisa dimanfaatkan. Bahkan, untuk runway juga telah dibangun dengan kekuatan aspal dua lapis.

“Meski hanya satu unit exit taxiway, kami yakin dan sangat memungkinkan untuk operasional,” kata Salman Lumoindong di hadapan anggota DPD RI yang berkunjung ke BSB APT Pranoto, Minggu (12/02/2017) sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kaltimprov.go.id, Senin (13/02/2017).

Meski demikian, untuk mendukung penyelesaian pembangunan BSB secara keseluruhan memerlukan biaya Rp475 miliar dengan panjang dan lebar landasan mencapai 2.250 meter x 45 meter.

Saat ini, lanjut Salman, untuk runway memang tidak ada masalah. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah longsoran landasan. Bahkan aspal sudah dua lapis, khususnya untuk panjang 2.250 meter.

“Kita harapkan dari Rp475 miliar dapat didukung APBN. Karena, untuk awal pembangunan Pemprov Kaltim sudah mengeluarkan biasa sendiri melalui APBD, sehingga diharapkan dukungan dari berbagai pihak khususnya kawan-kawan DPD RI sangat diperlukan. Itu untuk pembangunan keseluruhan. Tetapi, untuk sementara pembangunan hingga akhir 2017 sepanjang 2.250 meter x 45 meter,” jelasnya.(jay/sul/es/humasprov/bnc)