Calon Jamaah Haji Sudah Mulai Urus Paspor

 

TANJUNG REDEB – Meskipun proses keberangkatan jamaah haji masih cukup lama, namun saat ini para calon jamaah haji (calhaj), telah mulai melakukan pembuatan paspor keberangkatan. Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Tanjung Redeb, Erwin Hariyadi yang dijumpai di ruang kerjanya, membenarkan jika sepekan terakhir ini, sejumlah calhaj telah mengurus paspor keberangkatan.

“Saat ini rata-rata yang datang itu hanya perorangan, karena lebih mudah daripada sebelumnya, yang diproses Kemenag. Selain itu juga, kalau perorangan, sehari dan maksimal 2 hari sudah jadi,” ungkapnya kepada beraunews.com, Rabu (08/02/2017).

Setiap hari, diakui Erwin rata-rata ada 5-10 calhaj dapat melakukan perekaman hingga sesi wawancara guna pembuatan paspor. Pihaknya juga mengaku jika calhaj yang melakukan pembuatan paspor meningkat dari jumlah kuota pertama yang hanya berjumlah 115 calhaj.

“Ini kita dapat surat lampiran jumlah calhaj yang baru. Dari sebelumnya cuma 115 sekarang bertambah 29 orang, totalnya menjadi 144 calhaj. Bahkan pihaknya menerima info dari Kemenag, jika jumlah tersebut diperkirakan akan kembali bertambah,” imbuhnya.

Erwin menambahkan, selama sesi wawancara terhadap para calhaj tahun 2017 maupun yang masih berada di daftar tunggu, ia juga memberikan arahan dan penekanan agar tidak melakukan keberangkatan haji melalui jalur Filipina seperti yang pernah diungkap imigrasi Filipina tahun 2016 kemarin.

BACA JUGA : Pulang Dari Filipina, Ngadu Sambil Nangis, Ada Apa???

“Kalau mau haji, ikutilah jalur yang resmi sehingga terjamin dari aspek keberangkatannya, perlindungannya, bimbingannya, dan pelayanannya. Untuk menghindari itu semua, setiap calhaj yang mengurus paspor selalu diwawancarai dirinya ingin berpergian kemana,” jelasnya.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia