Pers Diharapkan Mampu Jaga Keutuhan NKRI

 

JAKARTA – Keberadaan pers di era reformasi saat ini memiliki peranan penting dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat. Informasi yang disebarluaskan kepada masyarakat tidak akan bisa beredar secara cepat tanpa adanya pers.

Terkait dengan Hari Pers Nasional yang diperingati tiap 9 Februari, Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mengatakan, pers memiliki peran yang cukup signifikan dalam menjaga keutuhan NKRI. Demikian disampaikan Rabu (08/01/2017) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Ia pun berharap, dengan diperingatinya Hari Pers Nasional itu dapat menjadi momentum bagi insan media untuk mampu menyajikan berita yang benar dan objektif dengan sumber yang akurat. Sehingga dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat.

“Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2017. Semoga Pers Indonesia senantiasa menyajikan berita yang benar dan obyektif dengan rujukan sumber yang akurat,” ujar Abdul Kharis sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi dpr.go.id.

Ia pun meyakini bahwa keberadaan pers yang akurat mampu menjadi benteng dalam menjaga keutuhan NKRI. Terlebih saat ini dengan hiruk pikuk pilkada sangat banyak informasi hoax yang beredar di masyarakat, sehingga keberadaan pers yang objektif menjadi penting untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Berita yang benar dan obyektif dengan rujukan sumber yang akurat mampu turut menjaga keutuhan NKRI,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, penetapan Hari Pers Naisonal pada tanggal 9 Februari diputuskan melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 5/1985. Pada tahun 2017 ini, peringatan Hari Pers Nasional dipusatkan di Kota Ambon.(hs, sc/bnc)