Blangko E-KTP Akan Tersedia Februari Ini

 

JAKARTA – Kementerian Dalam Neger‎i (Kemendagri) memastikan pengadaan blangko KTP elektronik (E-KTP) dilaksanakan Januari-Februari 2017. Pengadaan ini untuk memenuhi kebutuhan sekitar 7 juta keping.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, masyarakat yang belum melakukan perekaman E-KTP ada sekitar 3-4 juta jiwa.‎ Ia meminta masyarakat lebih proaktif, khususnya yang bermukim di 101 daerah penyelenggara pemilihan kepala daerah.

"Silahkan merekam dulu biar hak pilihnya tidak hilang," kata Tjahjo belum lama ini, sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kemendagri.go.id, Jumat (27/01/2017) sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kemendagri.go.id.

Tjahjo menjelaskan, perekaman E-KTP berfungsi untuk ‎memastikan apakah warga pemohon masih sesuai dengan domisili. Ia menargetkan, pertengahan tahun ini, sebanyak 183 juta jiwa penduduk Indonesia yang wajib sudah punya E-KTP.

Mendagri Tjahjo memastikan kalau kekosongan blangko tak akan terulang kembali. Pihak Kemendagri akan terus berusaha memperbaiki pelayanan publik dalam masalah data kependudukan ini.

"Bila target KTP elektronik dapat diselesaikan pertengahan tahun ini, akan menjadi program e-Voting untuk Pemilu 2019. Langkah kami satu-dua, satu-dua. Tidak bisa ngebut," tuturnya.(Puspen Kemendagri/Tempo.co.id/bnc)