Dana Desa Dapat Tekan Angka Kemiskinan

 

JAKARTA – Saat ini, angka kemiskinan Indonesia masih berada dikisaran 10 persen lebih, dengan profil kemiskinan mayoritas berasal dari desa. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dana desa dapat digunakan untuk membantu menekan angka kemiskinan hingga mendekati 9,5 persen, apalagi dengan peningkatan anggaran mencapai Rp60 triliun.

“Kalau tadi saya mengatakan kemiskinan 10,17 seharusnya bisa mendekati 9,5. Dana desa ini belum pernah terjadi dalam level setinggi Rp60 triliun. Kalau kita melihat profil kemiskinan, banyak yang berasal dari desa. Maka dengan anggaran yang sudah ditransfer, kita harus meyakinkan mereka mampu mengentaskan kemiskinan,” jelas Menkeu saat Hari Ulang Tahun ke 47 harian Media Indonesia di Grand Studio Metro TV pada Kamis (19/01/2017), sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kemenkeu.go.id, Selasa (24/01/2017).

Salah satu program pengentasan kemiskinan yaitu melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), yang dapat bergulir pada tingkat kecamatan ke bawah. Program tersebut dapat membantu menekan angka kemiskinan dari pengelolaan efektivitas anggaran dana desa.

“Jadi, kalau ini persoalan Indonesia, bukan masalah tidak punya uang. Ini adalah persoalan apakah kita mampu mengelola uang tersebut untuk tujuan yang sudah kita sepakati atau tidak,” tambah Menkeu.(hr/rsa/bnc)