Perusahaan Migas Dukung Pengembangan Jargas RT

 

SAMARINDA – Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi penghasil minyak dan gas bumi (migas), serta penyumbang devisa terbesar di Indonesia. Namun, kenyataannya, hanya sedikit warga masyarakat Benua Etam yang bisa langsung menikmati hasil kekayaan sumber daya alam tersebut.

Karenanya, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak sangat mengharapkan kepedulian dan komitmen kuat perusahaan migas, terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat. Salah satunya, Gubernur meminta perusahaan migas di Kaltim agar menyalurkan gas melalui pipanisasi ke rumah-rumah masyarakat atau jaringan gas (jargas) rumah tangga.

“Saya minta perusahaan migas termasuk VICO Indonesia bisa membangunkan jargas untuk masyarakat,” kata Awang Faroek Ishak saat menerima kunjungan jajaran manajemen VICO Indonesia di ruang kerjanya, sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kaltimprov.go.id, Sabtu (21/01/2017).

Dia menyebutkan, beberapa waktu lalu telah terbangun jargas untuk rumah tangga di Kota Bontang melalui sistem pipanisasi, yang dilakukan perusahaan migas setempat. Berikutnya, Awang mengharapkan segera terbangun jargas rumah tangga di wilayah Balikpapan, Kutai Kartanegara dan Samarinda, bahkan menyusul daerah-daerah lainnya.

Gubernur menjelaskan, Kaltim sebagai daerah penghasil migas dan batubara tetapi hingga saat ini masyarakatnya belum menikmati hasil kekayaan sumber daya alam daerah.

“Khususnya gas yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi bagi masyarakat. VICO bisa kerjasama dengan Dirjen Migas Kementerian ESDM untuk kegiatan penyaluran gas ke rumah-rumah masyarakat,” ungkap Awang Faroek.(yans/sul/es/humasprov/bnc)