Jangan Kecewakan Wisatawan

 

JAKARTA – Anggota Komisi X DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono, meminta Kementerian Pariwisata untuk tidak mengecewakan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Menurutnya, wisman yang telah mendapat informasi menarik tentang potensi wisata Tanah Air, namun harus dikecewakan karena tidak sesuai dengan ekspektasi.

“Jangan sampai, wisatawan yang mendapat informasi yang cukup tentang potensi wisata Indonesia, namun ketika mereka mengunjungi pusat-pusat wisata, mereka kembali dengan kecewa. Tidak semua senang untuk datang kembali ke Indonesia,” kata Ibas, panggilan akrab Edhie, saat raker dengan Menteri Pariwisata di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi dpr.go.id, Rabu (18/01/2017).

Ia pun sangat sepakat, jika Kemenpar memang tidak bisa berdiri sendiri dalam hal membangun sektor pariwisata. Kemenpar harus berkoordinasi dengan kementarian yang lain, seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, maupun dengan Pemerintah Daerah.

“Mestinya, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia, diperkenalkan ke daerah-daerah yang destinasi pariwisatanya telah siap secara infrastruktur. Sehingga ketika mereka datang, mereka dapat menikmati, dan menceritakan tentang kesiapan pariwisata Indonesia dari hasil kunjungan mereka di negara masing-masing,” imbuh Ibas.

Di satu sisi, Ibas juga mendorong Kemenpar untuk meningkatkan pertumbuhan pariwisata, mengingat sektor ini menjadi salah satu penghasil devisa negara, di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang berkabung.

“Saya juga mendukung penuh agar Kemenpar ikut menjadi bagian yang mempromosikan event-event pariwisata,” tutupnya.

Sebelumnya, Menpar Arief Yahya melaporkan, dalam kurun waktu Januari hingga November 2016, kunjungan wisatawan mancanagera ke Indonesia mencapai 10,4 juta kunjungan, dari target 12 juta kunjungan. Sementara untuk wisatawan nusantara, tercapai 239 juta perjalanan, dari target 260 juta perjalanan.(sf/bnc)