Pemerintah Tampung Usul DPR Soal PT 0 Persen

 

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyampaikan, pemerintah akan menampung terlebih dahulu usulan sejumlah partai di DPR, terkait Presidential Threshold (PT) 0 persen pada Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu.

Ia berkata, sudah arahan Presiden Joko Widodo, agar setiap aspirasi partai politik ditampung dan kemudian dibicarakan lebih lanjut.

"Aspirasi didengarkan agar RUU Pemilu bisa bersifat jangka panjang, mendukung proses Pemilu Legislatif hingga Pemilu Presiden yang lebih demokratis," ujarnya sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kemendagri.go.id, Minggu (15/01/2017).

Sebagaimana diberitakan, Presidential Threshold masih menjadi tarik ulur dalam pembahasan RUU Pemilu di DPR. Sebagian partai politik menghendaki presidential threshold dibuat menjadi 0 persen. Salah satu yang menginginkan hal itu adalah Partai Gerindra.

Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan, langkah politik tersebut diambil pihaknya sebagai bentuk komitmen penegakan demokrasi lewat pengajuan calon presiden terbaik.

Tjahjo melanjutkan, masih ada waktu untuk menentukan aturan penghitungan kursi pada RUU Pemilu. Sebagaimana diketahui, target penyelesaian RUU Pemilu adalah Mei 2017 ini. Dia sendiri optimis pembahasan RUU Pemilu antara pemerintah dan DPR akan berjalan lancar. Ia berkata, setiap perbedaan antara keinginan pemerintah dari partai politik pasti ada titik temunya.(Humas Puspen Kemendagri/bnc)