Pariwisata Harus Didukung Infrastruktur Memadai

SAMARINDA – Kaltim sebagai provinsi dengan daya tarik dan keanekaragaman seni dan budaya serta alam yang sangat indah, menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Syafruddin Pernyata mengatakan, salah satu upaya dalam peningkatan jumlah pengunjung wisatawan adalah pengembangan objek-objek wisata yang ada di Kaltim, termasuk pembangunan infrastruktur jalan akses menuju objek wisata.

BACA JUGA : Kondisi Jalan Pengaruhi Kunjungan Wisatawan

Tidak dipungkiri, Kaltim memiliki banyak objek wisata alam yang tersebar di beberapa daerah, namun akses menuju objek wisata tersebut infrastrukturnya masih kurang, bahkan belum ada, sehingga para pengunjung tidak tertarik mengunjungi.

"Oleh karena itu, ke depan kita harus lakukan sinergitas dengan Dinas Pariwisata di daerah, termasuk instansi terkait untuk mengembangkan sektor pariwisata di Kaltim," katanya sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kaltimprov.go.id, Sabtu (14/01/2017).

Dikatakannya, Kaltim harus fokus untuk pembangunan infrastruktur jalan, bandara dan pelabuhan yang menjadi kebutuhan primer, demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan mengatasi ketimpangan wilayah terutama di daerah-daerah yang masih belum mendapatkan perhatian.

BACA JUGAObjek Wisata Minim Tower Komunikasi  

Pengembangan pariwisata, lanjut Syafrudin menjadi salah satu kekayaan yang harus menjadi perhatian pemerintah. Karena meskipun Kaltim sebagai salah satu provinsi dengan kekayaan alam yang berlimpah, tak dapat dipungkiri jika Kaltim tidak akan bisa terus menerus bertahan dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui tersebut. Sehingga, sektor pariwisata akan menjadi sektor yang menjanjikan untuk percepatan pembangunan suatu daerah.(mar/sul/ri/humasprov/bnc)