Destana Akan Dibangun di Setiap Daerah

 

SAMARINDA – Dalam upaya mengantisipasi dan menanggulangi bencana secara cepat dan tepat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim akan membangun Desa Tangguh Bencana (Destana) di 10 kabupaten/kota di Kaltim.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim, Chairil Anwar mengatakan, pembentukan Destana merupakan program Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pelaksanaannya berkoordinasi dengan Pemprov Kaltim, untuk kemudian ke kabupaten/kota terutama kelurahan dan desa untuk membentuknya.

"Ditargetkan pada 2017 seluruh kabupaten/kota harus segera membentuk Destana dalam rangka mengantisipasi dan meminimalisir dampak bencana. Sejauh ini memang beberapa kabupaten/kota sudah membentuk. Tapi tahun ini diupayakan akan membentuk di semua kabupaten/kota," ungkap Chairil Anwar sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kaltimprov.go.id, Selasa (10/01/2017).

Dengan dibangunnya dua Destana di setiap kabupaten/kota, ia berharap kabupaten kota bisa menambah atau membangun lagi, dengan mencontoh yang ada sebelumnya. Pemerintah akan membantu pembiayaan agar Destana bisa terus eksis.

"Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain, capacity building, penguatan kelembagaannya, serta memberikan bantuan peralatan dalam upaya penanggulangan bencana secara tepat guna," ujarnya.

Dibentuknya Destana di suatu daerah lanjut Chairil, tidak hanya asal tunjuk, tentunya berdasarkan penelitian, dan hal tersebut berdasarkan kajian dan analisa posko bencana bahwa desa yang bersangkutan benar-benar tinggi resiko bencana. Sebagai pendukung, BPBD Kaltim juga mengacu pada informasi dari BPBD kabupaten/kota.(mar/sul/humasprov/bnc)