RSUD AWS Gelar Operasi Bibir Sumbing dan Katarak Gratis

 

SAMARINDA – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Kaltim ke-60 tahun 2017 mendatang, Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie (RSUD AWS) Samarinda akan menggelar kegiatan bhakti sosial operasi bibir sumbing secara gratis.

Direktur RUSD AWS Samarinda, Rachim Dinata Marsidi menjelaskan, seperti tahun sebelumnya dalam memperingati hari jadi Provinsi Kaltim, RSUD AWS telah melaksanakan operasi bibir sumbing secara gratis untuk 30 orang. Kegiatan serupa akan kembali dilakukan pada Januari-Februari 2017 mendatang.

"Karena waktunya mepet kemungkinan pelaksanaanya akan dilakukan antara Januari-Februari. Sebab untuk menjaring penderita bibir sumbing juga perlu waktu untuk pendaftaran," katanya,  Selasa (8/11/2016) sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kaltimprov.go.id.

Bhakti sosial ini lanjut Rachim, sesuai amanat Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak agar peringatan hari jadi provinsi juga bisa dirasakan masyarakat. Kegiatan operasi bibir sumbing diyakini akan sangat membantu masyarakat.

"Pelaksanaan operasi bibir sumbing yang akan kita lakukan adalah upaya membantu masyarakat yang memiliki keluarga yang menderita bibir sumbing, sehingga mereka bisa kembali normal seperti masyarakat lainnya," ujarnya.

Rachim juga mengimbau kepada masyarakat Kaltim, khususnya yang berdomosili di wilayah kabupaten dan kota, yang memiliki keluarga ataupun tetangga mengalami bibir sumbing untuk segera mendaftar. Pendaftaran akan dibuka Januari mendatang pada Poli Bedah RSUD AWS Samarinda.

"Mengenai berapa jumlah yang akan dioperasi, kita tidak bisa tentukan sekarang. Tetapi berapapun yang terdaftar nanti, RSUD AWS Samarinda siap melakukan operasi," katanya.

Selain operasi bibir sumbing, juga akan dilakukan operasi katarak yang akan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kaltim.(mar/sul/es/bnc)