Alih Kelola Blok Mahakam Sudah Selesai

 

JAKARTA – Pemerintah memastikan alih kelola Blok Mahakam sudah selesai. PT Pertamina (Persero) akan melanjutkan pengelolaan Blok Mahakam efektif pada tanggal 1 Januari 2018 mendatang dan mempertahankan produksi lapangan.

Pemerintah melalui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan memberikan persetujuan Amandemen Kontrak Bagi Hasil Wilayah Kerja (WK) Mahakam agar proses transformasi dari Total E&P Indonesei ke Pertamina dapat segera dilakukan.

“Progres alih kelola Blok Mahakam itu sudah diselesaikan. Saya atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada Total dan Inpex dengan proses pengalihan ini dan juga kepada Pertamina yang nanti per 1 Januari 2018 akan melanjutkan pengelolaan Blok Mahakam,” ujar Jonan sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi esdm.go.id.

Jonan menambahkan, semua pihak terkait sudah sepakat proses pengalihan ini akan dilanjutkan oleh Pertamina mulai Januari 2018 sesuai dengan kontraknya.

”Kesepakatan sudah ditandatangani juga Peraturan Menteri yang sudah ditandatangani pendahulu saya begitu terbit perjanjian ini akan efektif dan akan segera jalan. Ini sesuai arahan Bapak Presiden bahwa alih kelola Blok Mahakam ini harus diselesaikan sesegera mungkin,” ujar Jonan.

BACA JUGA : Pemerintah Setujui Amandemen Bagi Hasil Wilayah Kerja Blok Mahakam

Dalam rangka menjaga keberlangsungan produksi minyak dan gas bumi pada masa alih operasi WK Mahakam maka proses transformasi dari kontraktor eksisting ke Pertamina harus dilakukan dan Pemerintah telah memberikan persetujuan Amandemen Kontrak Bagi Hasil Wilayah Kerja (WK) Mahakam.(SF/bnc)