November Blanko E-KTP Sudah Tersedia

 

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan masih membuka proses perekaman dan pencetakan E-KTP. Namun, saat ini ketersediaan blanko di pusat sudah habis untuk didistribusikan ke daerah.

Total blanko yang masih beredar di daerah sampai sekarang ini sebanyak 2.963.477 lembar. Pertengahan November nanti blanko E-KTP baru dipastikan tersedia, karena sekarang tengah proses lelang.

"Saat ini di pusat sedang proses lelang diharapkan pertengahan November, blanko di pusat sudah tersedia kembali dan segera didistribusikan," kata Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arief Fakhrulloh, Rabu (19/10) sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kemendagri.go.id.

Dia menambahkan, proses pengadaan blanko E-KTP memang membutuhkan waktu. Sebab, belum ada perusahaan di dalam negeri yang bisa memproduksi chip yang ada di dalam blanko.

"Chipnya kita pesan dari luar negeri, kemudian disusun menjadi blanko KTP. Chip adalah salah satu bagian dari blankonya," ujar dia.

BACA JUGA : 10 Juta Penduduk Belum Rekam E-KTP

Ungkapan tersebut sejalan dengan pernyataan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo sebelumnya. Sampai saat ini, Kemendagri, kata dia perlu mencetak kembali blanko E-KTP untuk keperluan daerah.

Menurut Tjahjo, proses pencetakan blanko KTP tidak bisa cepat, karena harus menggunakan chip didalamnya. Sementara di Indonesia sampai sekarang belum ada perusahaan yang bisa memproses atau mencetak blanko dengan chip itu.

Sebelumnya, Tjahjo mengatakan dari 254 juta penduduk yang wajib mempunyai KTP, seharusnya sudah mendekati 183 juta penduduk yang ber-KTP. Pada awal 2016, masih ada lebih kurang 22 juta penduduk belum merekam data. Kini angkanya sudah mulai berkurang jadi 9 juta.(Puspen Kemendagri/bnc)