Enam Terminal Tipe B Dikelola Provinsi, Termasuk Berau

SAMARINDA – Sebanyak enam unit terminal tipe B di kabupaten dan kota segera dilimpahkan ke Pemprov Kaltim sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Hal tersebut disebutkan Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Salman Lumoindong pada Seminar Sehari Hari Perhubungan Nasional terkait Lalulintas Angkutan Jalan di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (13/10/2016) lalu.

Menurutnya, keenam terminal tipe B itu terdapat di Kota Balikpapan, Samarinda, Bontang, Kutai Timur, Berau serta Paser.

“Sesuai aturan, maka kabupaten dan kota yang memiliki terminal tipe B harus menyerahkan ke Pemprov dan hingga kini sudah ada enam terminal dari enam kabupaten dan kota yang menjadi kewenangan provinsi untuk mengelolanya,” jelas Salman sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kaltimprov.go.id.

Sementara itu, ada tiga terminal di tiga daerah yang masuk tipe C, yakni Kutai Kartanegara (Kukar), Kutai Barat (Kubar) dan Mahakam Ulu (Mahulu). Dia menjelaskan terminal tipe A yang dimiliki pemerintah provinsi juga akan diserahkan kewenangannya kepada pemerintah pusat sesuai aturan tersebut.

Diakui Salman, masih ada daerah yang belum sepenuhnya mau menyerahkan pengelolaan terminal yang dibangun dengan APBD mereka itu. Namun, UU sudah mengamanatkan demikian, maka semua pihak harus dengan lapang dada mau menerima kebijakan itu termasuk Pemprov Kaltim.

“Kalau mau kita hitung secara komersial, sebenarnya tidak semua pengelolaan terminal memberikan keuntungan malah sebaliknya. Namun, inilah bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat agar merasa nyaman dan terlayani,” ungkap Salman.(yans/humasprov/bnc)