RS Pratama Kutim Dan Berau Siap Diresmikan November 2016

SAMARINDA – Pemprov Kalim terus berupaya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, baik melalui  layanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) maupun Puskesmas 24 jam serta membangun Rumah Sakit (RS) Pratama di wilayah pedalaman dan perbatasan.

Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Rini Retno Sukesi mengatakan, Pemprov Kaltim  terus berupaya meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan berkualitas bagi masyarakat. Upaya itu dilakukan sesuai dengan visi misi yang telah disusun. Salah satunya, melalui peningkatan pelayanan kesehatan, baik di puskesmas maupun RS Pratama di daerah.

"Puskesmas sangat berperan memberikan pelayanan kesehatan kepada individu, keluarga dan kelompok masyarakat. Hadirnya puskesmas dan puskesmas 24 jam diharapkan memberikan pelayanan maksimal bagi pertolongan pertama gawat darurat, termasuk pembangunan rumah sakit pratama yang ada di Sangkulirang, Kutai Timur dan Talisayan, Berau sudah siap diresmikan pengoperasiannya," kata Rini Retno sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kaltimprov.go.id, Minggu (9/10/2016).

Dikatakannya, pembangunan sarana dan fasilitas kesehatan berupa puskesmas 24 jam maupun RS Pratama di kawasan perbatasan, pedalaman dan daerah terpencil sesuai dengan nawacita pembangunan yang ditetapkan Presiden Joko Widodo.

Dalam nawacita tersebut memuat keinginan pemerintah untuk melakukan pembangunan yang dimulai dari daerah pinggiran. Dalam hal ini daerah atau kawasan pinggiran adalah kawasan perbatasan, pedalaman dan daerah terpencil.

"Pembangunan sarana dan prasarana kesehatan berupa rumah sakit maupun puskesmas sebagai bagian upaya pemerintah untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing tinggi," ujarnya.

BACA JUGA : Dokter Spesialis RS Pratama Tak Ada Peminat, Dinkes Usulkan Gaji 60 Juta

Dengan selesainya pembangunan RS Pratama Sangkulirang dan Talisayan diharapkan pada saat Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak bersama SKPD melakukan kunjungan ke daerah pada November mendatang, dua rumah sakit itu bisa diresmikan pengoperasiannya, sehingga masyarakat semakin dekat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,

"Kita harapkan pada saat Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak bersama rombongan SKPD melakukan kunjungan kerja ke daerah, RS Pratama Sangkulirang dan RS Pratama Talisayan juga bisa langsung diresmikan," kata Rini Retno.

Untuk RS Pratama di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) lanjut Rini, saat ini masih dalam proses penyelesaian, khususnya terkait sarana dan fasilitas lainnya dan diharapkan 2017 mendatang juga sudah siap dioperasikan.

"Untuk RS Pratama di Mahulu sangat diperlukan oleh masyarakat di wilayah pedalaman dan perbatasan sehingga RS pratama sangat penting untuk membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan," tandanya.(mar/sul/humasprov/bnc)