Lulusan IPDN Dijadikan Role Model Penyebaran ASN

 

JAKARTA – Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXIII direncanakan menjadi role model dalam penyebaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur dalam acara Upacara Penyerahan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Pengangkatan CPNS dan Penjelasan Program Orientasi Lulusan Angkatan XXIII Tahun 2016, di IPDN, Senin (26/9/2016) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, ia menjelaskan, jika penempatan ASN yang berasal dari sekolah ikatan dinas belum merata. Untuk itu, pemerintah dalam hal ini Kementerian PANRB akan melakukan penyebaran ASN secara merata disejumlah wilayah di Indonesia.

Lulusan IPDN ke XXIII akan dijadikan role model dalam penugasannya sebagai aparatur, hal demikian dilakukan agar tidak ada lagi daerah yang kekurangan atau bahkan kelebihan ASN.

"Kalau sebelumnya kan lulusan IPDN dikembalikan ke daerah asal, nah sekarang angkatan ke XXIII kita jadikan role model penyebaran aparatur. Jadi dimana wilayah yang membutuhkan ASN kita tempatkan disitu," Katanya sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi menpan.go.id.

Dikatakannya, jika hal tersebut berhasil dilakukan, maka akan ditularkan kepada sekolah ikatan dinas lain, seperti perhubungan, keuangan dan lain lain. Kendati demikian untuk mencegah penumpukan ASN disuatu wilayah, pihaknya berencana akan membuat kontrak kepada ASN bersangkutan untuk tidak kembali ke kota asal.

"Nanti kita buat kontrak semisal berapa tahun tidak boleh balik ke daerah asal atau kota, kan sekarang tidak sedikit yang baru 3 bulan di daerah tapi minta kembali ke kota, jadi penumpukan ASN terjadi," ucapnya.

Ia berharap dengan upaya tersebut, penyebaran ASN dalam hal ini lulusan sekolah ikatan dinas dapat merata, serta tidak menumpuk pada kota besar semata. Selain itu, hal tersebut juga dilakukan sebagai upaya dari instruksi Wakil Presiden yang menginginkan ASN tidak terkotak-kotak serta menjadi perekat bangsa.(byu/humas menpanrb/bnc)