Disahkan Sebagai LAZ Provinsi, Kemenag RI Serahkan SK

 

TANJUNG REDEB – Perjalanan panjang Lembaga Amil Zakat Dana Peduli Ummat (LAZ DPU) Kaltim untuk melakukan penyesuaian legalitas berdasarkan aturan baru yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, menuai hasil positif. Hal ini ditandai dengan disahkannya DPU Kaltim sebagai LAZ Provinsi setelah sebelumnya telah mendapatkan rekomendasi dari BAZNAS RI.

Bertempat di Aula Kesbangpol Kaltim, Sabtu (24/9/2016), Kasubdit Pemberdayaan Lembaga Zakat Kemenag RI, Ahmad Juraidi menyerahan langsung Surat Keputusan (SK) Kementerian Agama Nomor DJ.III/515/2016 tentang pemberian izin kepada Yayasan Dana Peduli Ummat Kalimantan Timur sebagai Lembaga Amil Zakat skala Provinsi yang diterima Sumadi, Ketua Pengurus Yayasan DPU Kaltim.

Ahmad Juraidi menyampaikan, dengan keluarnya SK tersebut, maka LAZ DPU Kaltim telah sah sebagai LAZ Provinsi di Kaltim berdasarkan aturan baru UU Nomor 23/ 2011 yang mengharuskan semua LAZ yang ada untuk mengajukan izin baru sebelum tanggal 25 November 2016.

Selain itu, Kementerian Agama RI menilai LAZ DPU Kaltim layak sebagai LAZ skala provinsi setelah melalukan verifikasi persyaratan, baik administrasi maupun faktual di lapangan langsung bersama dengan tiga LAZ Daerah lainnya yang sudah mendapatkan SK.

"Semoga dengan keluarnya SK ini kian meningkatkan kinerja LAZ DPU Kaltim dan kepercayaan masyarakat untuk menyalurkan zakat, infaq dan sedekahnya serta dana sosial keagamaan lainnya melalui LAZ DPU Kaltim,” ujarnya dalam press release ke redaksi beraunews.com, Senin (26/9/2016).

Sementara itu, Sumadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenag RI yang mempercayakan LAZ DPU Kaltim sebagai LAZ berskala Provinsi. Dengan adanya SK tersebut, menjadi bukti keseriusan pihaknya dalam mengemban amanah para donatur dan mitra dalam menyalurkan dan memberdayakan zakat, infaq dan sedekah sesuai aturan syariah dan aturan hukum di Indonesia

"Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung DPU sehingga mendapatkan SK dari Kementerian Agama sebagai LAZ provinsi. Semoga adanya SK ini kian memotivasi kami untuk mewujudkan peradaban zakat di Kaltim,” tandasnya.(Marta)