Peran Strategis Ketenagalistrikan

 

SAMARINDA – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Andi Faisyal Assegaf mengatakan, ketenagalistrikan mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam pencapaian tujuan pembangunan daerah, yaitu memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan perekonomian serta mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Andi mengatakan, tenaga listrik sekarang ini telah menjadi salah satu kebutuhan primer sehingga merupakan salah satu aspek yang sangat menentukan bagi peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat serta untuk mendorong peningkatan ekonomi daerah.

Oleh karenanya usaha penyediaan tenaga listrik, pemanfaatan dan pengelolaannya perlu ditingkatkan agar tersedia listrik dalam jumlah yang cukup dan merata dengan mutu pelayanan yang baik dan andal.

“Ke depan, diharapkan tidak ada lagi daerah bahkan desa yang tidak teraliri listrik atau pemadaman bergilir,” sebut Andi sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi dprd-kaltimprov.go.id.

Perusda ketenagalistrikan di daerah merupakan pelaksanaan dari amanat. Dalam upaya mengimplementasikan amanat UU tersebut sudah semestinya mengedepankan potensi-potensi daerah untuk dapat dieksplorasi, dieksploitasi dan dikembangkan secara optimal.

Untuk maksud tersebut, maka diperlukan peraturan daerah tentang Perusda Ketenagalistrikan Kaltim yang mampu melindungi kepentingan daerah tanpa meninggalkan amanah undang-undang yang berlaku.

“Harapan ke depan, ketika raperda ini telah disetujui menjadi perda definitif pada rapat paripurna DPRD Kaltim, dapat menjadi payung hukum dan acuan bagi jajaran pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam perencanaan, penyusunan dan pelaksanaan program kegiatan ketenagalistrikan,” harap Andi.(hms4/bnc)