Pemprov Optimis Beasiswa Kaltim Cemerlang Tetap Berjalan

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim tetap optimis penyelenggaraan program bantuan Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) tetap berjalan meski APBD Kaltim tahun depan bakal mengalami penurunan hingga Rp6 triliun.

Asisten III Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim, Bere Ali menjelaskan, karena kondisi keuangan daerah yang terus menurun, maka program BKC tahun depan akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Alokasi yang disiapkan sekitar Rp58 miliar.

“Yang jelas komitmen penyelenggaraan program ini tetap dilaksanakan, namun program didalamnya harus ada yang diturunkan bahkan ditiadakan, khususnya program beasiswa yang sifatnya umum,” kata Bere Ali di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (15/9/2016) sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kaltimprov.go.id.

Dikatakan Bere Ali, mengenai beasiswa yang sifatnya kerjasama dipastikan tetap berjalan. Karena, harus konsisten dilaksanakan. Karena itu, penerima beasiswa kerjasama diharapkan tidak perlu khawatir dengan adanya penurunan alokasi APBD ini. Sementara, bagi penerima beasiswa yang sifatnya umum tentu akan dilihat kembali pagu anggaran yang tersedia.

“Program beasiswa adalah komitmen kepala daerah. Sebab itu, sesulit-sulitnya ekonomi kita, program beasiswa yang sifatnya kerjasama akan tetap dilanjutkan,” jelas Bere. 

Untuk diketahui, program beasiswa lanjutan atau kerjasama adalah mahasiswa perkeretaapian Rusia, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI).(jay/sul/humasprov/bnc)