Banmus DPRD Berau Berguru Ke Karang Paci

 

SAMARINDA – Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Berau belum lama ini melakukan kunjungan kerja (kunker) ke DPRD Kaltim. Kunjungan tersebut dalam rangka menggali ilmu terhadap apa saja yang telah dilakukan Banmus DPRD Kaltim dalam menyusun jadwal kegiatan dewan selama masa sidang.

Kunker Banmus DPRD Berau terdiri dari Anggota Banmus Husein Djufrie, Suharno, Jekson Along, Eko Wiyono, Najamuddin dan Syahruni. Mereka diterima Anggota Komisi I DPRD Kaltim, Rusianto.

Banmus DPRD Kaltim, jelas wakil rakyat asal daerah pemilihan Bontang, Kutim dan Berau ini selalu melakukan penyusunan jadwal kegiatan per satu masa sidang hingga seterusnya untuk menyusun kegiatan yang akan dilakukan dewan mendatang.

Dimana pelaksanaan jadwal kegiatan tersebut terdiri dari penjadwalan jangka panjang dan jangka pendek terhadap pembahasan mendetail jadwal kegiatan. Namun, sambungnya, apabila di tengah-tengah masa sidang ada perubahan jadwal, maka Banmus akan menggelar rapat kembali untuk merevisi jadwal kegiatan dewan tersebut.

"Jika terjadi perubahan jadwal kegiatan, maka akan digelar lagi rapat Banmus, dan akan melalui proses rapat paripurna untuk pengesahannya," katanya sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi dprd-kaltimprov.go.id.

Rusianto menambahkan, pembahasan penyusunan jadwal kegiatan Banmus juga harus bersinergi dengan agenda pemerintah. Pasalnya, Banmus merupakan salah satu alat kelengkapan DPRD yang memiliki peran dan pengaruh penting dalam menentukan pelaksanaan jadwal kegiatan dewan.

"Selain itu juga sebagai penunjang fasilitas kinerja dewan untuk meningkatkan fungsi dewan maupun fasilitas pendukung lain pada alat kelengkapan dewan," tuturnya.(hms3/bnc)