Edukasi Keuangan Negara, Kemenkeu Gandeng 17 PTN Termasuk Unmul

 

JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menggandeng perguruan-perguruan tinggi negeri (PTN) untuk menyosialisasikan pemahaman pengelolaan keuangan negara kepada masyarakat, khususnya di kalangan mahasiswa. Setelah melakukan kerja sama dengan 16 PTN, Kamis (8/9/2016), Kemenkeu melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

MoU tentang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengembangan sumber daya manusia di bidang pengelolaan keuangan negara tersebut ditandatangani oleh Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kemenkeu Sumiyati dan Rektor ITB Kadarsah Suryadi di kampus ITB, Bandung.

Secara rinci, MoU tersebut mengatur kerja sama dalam penyelenggaraan mata kuliah di bidang keuangan negara, yang antara lain meliputi anggaran negara, perbendaharaan negara, perpajakan, kepabeanan dan cukai, dan kekayaan negara.

Dengan adanya sinergi ini, Kemenkeu dan PTN di Indonesia bersama-sama bertekad memajukan ilmu keuangan negara, yang akan mempercepat proses munculnya tenaga-tenaga ahli di bidang keuangan negara.

Dalam sambutannya, Kepala BPPK menyatakan kesanggupan Kemenkeu, termasuk dukungan sumber daya manusia untuk mendukung sosialisasi keuangan negara ini.

"Pada prinsipnya kami siap bekerja sama, dan kalau membutuhkan dukungan dari Kemenkeu dengan adanya MoU ini, maka pejabat-pejabat atau pegawai Kemenkeu akan siap ditugaskan, dan kami (BPPK) siap memfasilitasi," katanya sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kemenkeu.go.id.

Sementara itu, Rektor ITB menyambut baik sosialisasi dan pengembangan sumber daya manusia di bidang keuangan negara ini. 

"Apa yang sudah ditandatangani bersama tadi itu, menandai adanya suatu komitmen bersama. Saya sebut baik, untuk membuat ITB memperkenalkan keuangan negara," ujarnya.

Sebagai informasi, sebelum menjalin kerja sama dengan ITB, Kemenkeu, dalam hal ini BPPK sebagai center of excellence di bidang pendidikan dan pelatihan keuangan negara, telah secara aktif menjalin kerja sama serupa dengan 16 PTN lain sepanjang tahun 2016. Ke-16 PTN tersebut yaitu :

  1. Universitas Sriwijaya
  2. Universitas Sumatera Utara
  3. Universitas Udayana
  4. Universitas Padjajaran
  5. Universitas Sam Ratulangi
  6. Universitas Mulawarman
  7. Universitas Riau
  8. Universitas Nusa Cendana
  9. Universitas Sebelas Maret
  10. Universitas Lampung
  11. Universitas Brawijaya
  12. Universitas Jember
  13. Universitas Diponegoro
  14. Universitas Andalas
  15. Universitas Gadjah Mada
  16. Universitas Tanjungpura.(nv/bnc)