543 Sekolah di Kaltim Laksanakan Program Adiwiyata

SAMARINDA – Sedikitnya 543 sekolah dari 3.144 sekolah di Kaltim, dari jenjang Sekolah Dasar (SD) sederajat hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat melaksanakan dan meraih penghargaan program adiwiyata, mulai tingkat Mandiri, Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Dari jumlah tersebut, 25 sekolah yang menerima penghargaan dan melaksanakan program adiwiyata mandiri, 44 nasional, 122 provinsi dan 352 tingkat kabupaten/kota.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kaltim, Riza Indra Riadi mengatakan pelaksanaan program adiwiyata tidak sulit, asalkan pihak sekolah tidak ragu untuk bertanya.

“Kami melihat sekolah sangat antusias melaksanakan program ini. Tetapi, diharapkan program ini juga dapat didukung pemerintah kabupaten/kota melalui instansi terkait dengan memberikan pendampingan, sehingga program ini terlaksana dengan maksimal,” kata Riza didampingi Kepala Bidang Pengembangan Munawar di Kantor BLH Kaltim, Kamis (1/9/2016) sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kaltimprov.go.id.

Mendukung pelaksanaan program tersebut, Pemprov Kaltim melalui BLH terbuka untuk memberikan pembinaan atau bimbingan bagaimana cara melaksanakan program adiwiyata. Pihak sekolah bisa langsung ke Kantor BLH Kaltim apabila di kabupaten/kota belum menerima informasi tentang program tersebut.

Melalui program ini, banyak manfaat yang nantinya dapat diterima pihak sekolah maupun siswa serta lingkungan sekitar. Misal, siswa dapat terlatih dengan hidup bersih dan sehat serta dapat membangun jiwa siswa yang peduli lingkungan hidup.

“Memang penghargaan program ini tidak ada nilai yang dapat dirupiahkan. Tetapi, manfaatnya sangat baik untuk lingkungan terutama anak-anak kita,” tutupnya.(jay/sul/humasprov/bnc)