Pemprov Salurkan 750 Ekor Sapi Bali, Berau Kebagian 100 Ekor

SAMARINDA – Bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016, Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Peternakan (Disnak) telah menyalurkan 750 ekor sapi. Sapi-sapi itu disebutkan Kepala Disnak Kaltim, Dadang Sudarya, disebarkan pada lima daerah khususnya kabupaten di Kaltim.

“Sapi yang kita sebar jenis sapi Bali dan sudah dikirim ke penerima (petani peternak). Rata-rata sapi dara atau berusia sembilan bulan,” katanya sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kaltimprov.go.id.

Dia menyebutkan sebaran sapi pertama senilai Rp2,049 miliar masuk proyek pengembangan ternak sapi pasca tambang di Kutai Kartanegara (Kukar) serta proyek pemberdayaan peternak di Kutai Timur (Kutim) dan Kukar.

Sebaran ternak sapi kedua senilai Rp 4,443 miliar untuk program pengembangan ternak sapi pada lima kabupaten. Yakni, Paser dan Penajam Paser Utara, Berau, Kutim dan Kukar.

Sapi dara bantuan dari provinsi itu terdiri Paser dan Berau masing-masing 100 ekor. Sementara untuk PPU sekitar 50 ekor sedangkan Kukar 200 ekor dan Kutim 300 sapi.

Dadang menjelaskan para penerima bantuan sapi pemerintah telah melalui proses dan hasil seleksi tim provinsi serta kabupaten setempat.

“Para penerima sapi bantuan dinilai sudah memenuhi persyaratan. Diantaranya, memiliki kandang (lahan) serta ketersedian pakan yang mencukupi bagi ternak,” ungkapnya.(yans/humasprov/bnc)