Berau Darurat Narkoba : DPRD Siap Ajukan Tes Urine

TANJUNG REDEB – Maraknya kasus narkoba yang menjerat generasi muda di Kabupaten Berau mendapat perhatian tersendiri oleh Ketua DPRD Berau, Syarifatul Sya’diah.

Dikatakannya Berau saat ini memang sudah berstatus gawat darurat. Pasalnya, baik anak-anak hingga dewasa banyak yang terjerumus menggunakan barang haram tersebut.

Tidak hanya masyarakat sipil, bahkan beberapa kasus juga melibatkan oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS). Untuk mencegah terjadinya kasus serupa dikalangan PNS, Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Berau sempat beberapa kali melakukan tes Urine terhadap PNS di beberapa SKPD. Tak hanya SKPD, lembaga-lembaga lain pun turut melakukan tes Urine tersebut.

Bahkan menyikapi hal tersebut, pada tanggal 16 Juni 2016 lalu, Ketua DPRD Berau mengaku siap jika tes Urine kepada para anggota dewan dilakukan guna turut serta dalam memerangi narkoba bersama rakyatnya. Namun hingga saat ini tes Urine kepada para anggota dewan sebagaimana yang dimaksud tak kunjung terealisasi.

Dikonfirmasi kembali terkait hal tersebut, wanita yang akrab disapa Sari itu mengakui jika hingga saat ini, seluruh anggota DPRD Berau memang belum pernah menjalani pemeriksaan Urine sebagaimana yang dilakukan oleh instansi-instansi lain.

“Ya memang benar sampai saat ini kami belum ada tes Urine seperti yang dimaksud. Itu dikarenakan sulitnya seluruh anggota berkumpul, kecuali saat rapat paripurna,” ujarnya.

BACA JUGA : Berau Darurat Narkoba, DPRD Siap Di Tes Urine

Selain itu, belum pernah adanya pemeriksaan Urine dikalangan anggota DPRD juga karena ketidaktahuannya jika dalam melakukan tes Urine harus diajukan oleh lembaga yang akan dilakukan pemeriksaan Urine tersebut.

“Oh, saya baru tahu kalau tes Urine harus diajukan sendiri, saya pikir dari BNK langsung yang datang,” katanya saat mendengar pernyataan Ketua BNK Agus Tantomo, dalam pemberitaan beraunews.com beberapa waktu lalu, yang mengatakan jika BNK tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pemeriksaan Urine terkecuali diminta oleh lembaga itu sendiri.

“Kita akan ajukan kalau memang harus diajukan terlebih dulu, kita siap untuk melakukan tes Urine tersebut,” tutupnya.(mta)