DPRD Dukung Rencana Vertikalisasi BNK Berau

TANJUNG REDEB – DPRD Berau mendukung upaya pemda untuk memvertikalisasi Badan Narkotika Kabupaten (BNK) menjadi Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Berau.
 
“Kami diminta menemani, sekaligus ini merupakan bentuk support DPRD Berau kepada pemda terkait vertikalisasi BNN ke Kabupaten Berau,” ujar Ketua DPRD Berau, Syarifatul Sya’diah saat ditemui beraunews.com baru-baru ini.

Kondisi Kabupaten Berau yang rawan akan peredaran gelap narkoba, dinilai Sari (sapaan akrab Ketua DPRD Berau), sudah sangat memprihatinkan. Hal ini terlihat dari banyaknya kasus penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang ditangani pihak Kepolisian.
 
“Kami tahu bahwa Kabupaten Berau saat ini memang sangat-sangat rawan dengan peredaran narkoba. Terlebih, Kabupaten Berau juga merupakan pintu masuk akan narkoba dari luar negeri dan sudah tidak bisa dibendung lagi. Makanya, kami dari DPRD sangat prihatin dan juga keadaan ini tidak bisa dibiarkan saja,” katanya.
 
Langkah-langkah vertikalisasi BNK Berau menjadi BNNK, diharapkan Syarifatul, dapat membantu pemda, khususnya pihak terkait yang melakukan upaya pemberantasan barang haram itu.
 
“Langkah melakukan vertikalisasi BNN, kami harapkan dapat membantu terkait pemberantasan narkoba yang marak ini. Karena, kalau kita ada perwakilan BNN pusat disini, pasti penanganannya bisa lebih spesifik,” harapnya.
 
Sari menegaskan, DPRD Berau mendukung rencana vertikalisasi itu. Setidaknya, wujud dukungan itu diwujudkan melalui dukungan penyediaan lahan bagi BNNK Berau untuk pembangunan kantor dan sebagainya.
 
“Semoga bisa terealisasi vertikalisasi ini. Cuma info dari pusat karena BNN di provinsi sudah terbentuk, kita diminta untuk berkoordinasi. Sementara ini, BNK diminta tetap diaktifkan saja, sambil berkoordinasi dengan BNN provinsi. Setidaknya kita menyiapkan lahannya dulu,” pungkasnya seraya berharap adanya bantuan dana operasional dari pusat, sehingga tidak membebani pemerintah daerah lagi.(sai)