Soal Pariwisata, Wabup Minta Berau Contoh Thailand

TANJUNG REDEB – Pemkab Berau melalui Wakil Bupati (Wabup), Agus Tantomo menegaskan bahwa peran media sangat penting dalam pariwisata Kabupaten Berau khususnya guna meningkatkan pergerakan wisatawan ke destinasi wisata yang ada di Berau.

Hal itu disampaikan Wabup dalam acara launching media online, beraunews.com di Hotel Derawan Indah, Rabu (1/6/2016). Ia bahkan berharap, media-media di Berau, khususnya beraunews.com bisa lebih “menahan diri” terkait pemberitaan yang justru bisa merugikan kepariwisataan.

“Selaku pemerintah daerah, saya ingin menyampaikan tantangan kepada beraunews.com. Sesuai penyampaian pimred beraunews.com, Abdus Salam bahwa ingin membangun lewat berita, maka saya ingin meminta bantuan secara khusus agar membijaksanai segala hal menyangkut sektor pariwisata seperti di negeri Thailand. Sebab media sosial termasuk media online, sekarang ini menjadi salah satu yang paling mempengaruhi. Jadi, saya harap media kita bisa mencontoh Thailand,” ujarnya.

Kebijakan pemerintah negeri Thailand, yang dimaksud Wabup, yakni pembangunan pariwisata Berau, harus mengedepankan pendekatan pentahelix, yang terdiri dari unsur pemerintah, pelaku bisnis, akademisi, komunitas, dan media.

“Saya tidak malu mengatakan kita harus mencontoh apa yang dilakukan pemerintah Thailand. Hal yang juga patut dicontoh dari Thailand adalah soal integrasi. Di Thailand, semuanya bersatu, mulai dari raja, rakyat hingga wartawan semuanya sejalan, sepemahaman dan bersatu untuk urusan pariwisata. Padahal, di Thailand itu, masyarakatnya sering berkelahi untuk urusan apa saja, tapi untuk urusan pariwisata sekali lagi, mereka kompak,” jelasnya.

Namun, kesepamahan pemahaman tersebut, dikatakan Wabup tidak untuk semua hal. Sebab, pemerintah juga perlu dikritik.

“Tidak semua hal antara pemerintah dan wartawan, itu sejalan. Tapi tidak semua hal juga, pemerintah dan wartawan berbeda pendapat. Kita harus sepakat ada hal-hal yang kita harus kompak dan ada hal yang dikritik. Silahkan kami diberi masukkan,” pungkasnya.

Apa yang diharapkan Wabup Berau itu, sejalan dengan harapan Menteri Pariwisata, Arief Yahya saat memberikan penghargaan Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2015 kepada para jurnalis/penulis di media cetak, elektronik dan media online di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta pada Kamis (10/12/2015).

Dikutip dari beritasatu.com, Menteri Pariwisata menjelaskan, jumlah kunjungan wisman pada Januari hingga Oktober 2015 mencapai 8,017 juta atau tumbuh 3,38%, sedangkan pergerakan wisnus pada Januari hingga September 2015 sebanyak 187,3 juta perjalan.

“Kesemua capaian ini berkat dukungan peran media dalam memberitakan pariwisata sehingga mendorong minat wisatawan berwisata di Indonesia. Peran media dalam mempromosikan pariwisata Indonesia sangat penting. Banyak informasi mengenai destinasi pariwisata yang disampaikan melalui media cetak, elektronik, dan media online mendorong wisnus melakukan perjalanan wisata di Tanah Air, serta memberikan dampak positif terhadap meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia,” tutupnya.(sai)