Wabup Beberkan Keunggulan Media Online

TANJUNG REDEB - Acara launching media online beraunews.com yang dilaksanakan Rabu (1/6/2016), di Hotel Derawan Indah, mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan yang menghadiri acara tersebut. Salah satunya dari Pemkab Berau melalui Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, yang sekaligus meresmikan media online beraunews.com sebagai media yang berbadan hukum resmi.

Dalam sambutannya, Agus Tantomo menyatakan, keberadaan media online di era saat ini merupakan suatu kemajuan dalam dunia jurnalistik. Terlebih saat ini media sosial merupakan media yang sangat banyak peminatnya, baik usia muda hingga kalangan dewasa.

"Keberadaan media online saat ini merupakan bentuk kemajuan bagi kita khususnya dalam memperoleh dan menyampaikan informasi yang benar, apalagi tagline yang digunakan beraunews.com adalah membangun lewat berita, semoga keberadaannya benar-benar dapat menjadi inspirasi dalam melahirkan komitmen kita semua untuk membangun daerah ke arah yang lebih baik," ujarnya dihadapan para hadirin.

Selain itu, menurutnya ada beberapa keunggulan media online ketimbang media-media lain. Diantaranya adalah kecepatan informasi yang diproses dan didistribusikan kepada masyarakat. Dalam hal ini ia menuturkan, media online adalah media yang dapat memberikan informasi sebuah peristiwa atau kejadian kepada masyarakat di Berau mapun belahan dunia lain, beberapa saat setelah hal tersebut terjadi dibandingkan media lain yang harus menunggu keesokan harinya baru terbit.

"Kalau media online ini sangat bisa diandalkan untuk mendapatkan berita yang up date (terbaru-red) dengan segera oleh orang dimana pun, baik di Afrika, Amerika, dimana pun. Jadi sangat masuk akal kalau tadi Pak Salam (pimpinan redaksi beraunews.com-red) menyampaikan bahwa dalam beberapa hari, jumlah yang membaca sudah belasan ribu. Beda dengan koran pada umumnya, ada hambatan geografis. Misalkan ada sebuah kejadian yang terjadi, langsung diliput dan dituangkan ke dalam naskah. Beberapa saat kemudian kita sudah bisa mengaksesnya. Jadi dalam hal kecepatan penyajian, jelas media online lebih unggul,” tambahnya.

Bahkan menurut Agus Tantomo, keunggulan lain yang dimiliki media online, masyarakat bisa langsung mengomentari isi berita yang ada pada saat yang bersamaan. Sehingga segala saran yang ingin disampaikan terkait pemberitaan ataupun kebijakan pemerintah yang disampaikan dalam wujud berita bisa langsung disampaikan dan bahkan bisa diolah kembali menjadi berita.

“Kalau media online, kita ingin memberi komentar, itu langsung terpampang. Itu bisa jadi kelebihan, juga bisa jadi kekurangan. Yang jelas, media online memberi ruang masyarakat memberi komentar. Jadi masyarakat tidak hanya mengeluh atau berkomentar pribadi,” tambahnya.

Dengan diresmikannya beraunews.com sebagai media pembangunan, ia berharap berita-berita yang disampaikan oleh para wartawan merupakan berita yang sesuai dengan fakta. Ia juga menyampaikan harapannya agar ke depan beraunews.com dapat selalu mengawal pembangunan daerah termasuk sektor pariwisata daerah yang saat ini sedang gencar-gencarnya dipromosikan ke tingkat nasional hingga internasional.

"Kami berharap media ini dapat menjadi teman untuk masyarakat maupun pemerintah dalam membangun daerah Kabupaten Berau di segala sektor, termasuk sektor pariwisata kita yang tidak ada habisnya, agar dikenal hingga ke mancanegara. Semoga beraunews.com terus melahirkan karya-karya luar biasa dan selalu sukses. Saya juga berharap beraunews.com ini bisa menjadi media yang besar dan membantu memberi wawasan kepada masyarakat luas. Selamat atas lahirnya media online ini," pungkasnya.(dws/mta/sai)