DPRD Apresiasi Halal Bi Halal Pemkab Di Kecamatan

TANJUNG REDEB – DPRD Berau apresiasi kegiatan halal bi halal yang dilakukan Pemkab) di wilayah kepulauan. Hal ini diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Berau, Abdul Waris yang mewakili unsur pimpinan DPRD Berau dalam halal bi halal tersebut di Kecamatan Maratua dan Pulau Derawan dari tanggal 18 Juli hingga 19 Juli 2016, kemarin.

“Terutama sebagai ajang silaturahim dengan warga. Selain itu, untuk meningkatkan sinergitas antara pemimpin baru dengan seluruh unsur masyarakat dalam membangun selama 5 tahun kedepannya, khususnya pembangunan di daerah ini,” ungkapnya, Selasa (19/7/2016) kemarin.

Ditambahkan Waris, dirinya pun kembali mendukung kegiatan tersebut sebab dirangkai dengan tinjau lapangan. Bupati, Muharram bersama Wakilnya, Agus Tantomo melihat langsung pelaksanaan proyek pembangunan yang masih berjalan maupun yang telah selesai.

Dalam peninjau lapangan, Pemkab melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, yakni Dinas Pekerjaan Umum (DPU) terus berupaya memenuhi infrastruktur utama, seperti jalan penghubung antar kampung. Waris yang ikut meninjau rencana pembangunan jalan ini pun kembali mendukung secara penuh.

“Yang paling penting, kami dari DPRD sangat mendukung pembangunan jalan yang akan menghubungkan kampung-kampung, karena itu akan meningkatkan daya saing Maratua sebagai tempat wisata,” ujar Waris.

Terlebih, dikatakan Waris, bahwa secara umum DPRD Berau memang sangat fokus akan pemenuhan infrastruktur jalan tersebut. DPRD memang konsen untuk pembangunan jalan karena jalan sangat penting untuk daerah-daerah wisata. Yang disetujui DPRD dalam APBD 2015 kurang lebih Rp30 miliar dan Rp20 miliar di APBD tahun 2016. Progres (kemajuan) sudah lumayan bagus. Dan menurut DPU Berau, tinggal sisanya sekitar Rp80 milyar untuk pembangunan jalan.

“Kita akan selesai di tahun jamak nantinya, dari APBD,” katanya.

Namun, Waris juga berharap Pemkab melalui DPU bisa menyerap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari pusat ke Pulau Maratua, terlebih daerah tersebut termasuk dalam pulau terluar.

Terkait dermaga Pulau Maratua yang menurut Bupati Muharram masih perlu pembangunan lagi dari segi sisi luar, sepanjang 8 meter menuju ke laut. Waris menilai hal itu sangat tepat, terlebih hal ini untuk lebih mengoptimalkan dermaga tersebut. DPRD yang memiliki hak budget (anggaran) pun akan mendukung dari segi penganggarannya.

“Memang menurut saya itu perlu ditinjau ulang. Tapi kita akan kembali melihat kebijakan pemerintah daerah sendiri, yang jelas kami berharap ini betul-betul bisa difungsikan secara optimal. Kalau pemerintah kembali menambah anggaran, kita akan dukung supaya itu cepat berfungsi,” pungkasnya.(sai)