Nahkoda Partai Tutup Usia, Begini Langkah Demokrat Hadapi Pendaftaran Bacaleg 4 Juli Mendatang

 

TANJUNG REDEB – Tak terasa pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) di sistem informasi calon (Silon) Pemilu 2019, tersisa 37 hari lagi. Pasalnya, pendaftaran bakal caleg berdasarkan Peraturan KPU Nomor 5/2018, dimulai pada 4-17 Juli 2018 mendatang.

Terkait pendaftaran bakal caleg tersebut, UU Nomor 7/2017 tentang Pemilihan Umum, banyak mengatur segala macam ketentuan, diantaranya pada Pasal 247 Ayat 1 Huruf c, disebutkan jika daftar bakal caleg ditandatangani oleh ketua atau nama lain dan sekretaris atau nama lain.

Kondisi ini tentu saja harus menjadi perhatian tersendiri oleh seluruh partai politik peserta pemilu, khususnya bagi DPC Partai Demokrat Kabupaten Berau. Pasalnya, tampuk kepemimpinan Partai Demokrat hingga kini masih kosong, pasca meninggalnya Ketua DPC Demokrat Kabupaten Berau, Anwar pada 8 Mei 2018 lalu.

Dikonfirmasi beraunews.com, Senin (28/05/2018), Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) DPC Partai Demokrat Kabupaten Berau, Abdul Waris mengaku, meski belum ada nahkoda baru, partai besutan SBY ini masih menjalankan roda kepengurusan seperti biasanya. Dimana, kegiatan partai terus dilakukan menggunakan susunan kepengurusan yang lama.

“Yang jelas sampai saat ini, partai masih tetap bekerja dan terus konsolidasi setiap hari. Jadi kekosongan ketua partai tidak berpengaruh besar terhadap soliditas partai,” ujarnya.

Terkait waktu pendaftaran bakal caleg yang tak lama lagi, Waris mengatakan, pasca kepergian Anwar, saat ini kader dan pengurus bekerjasama dan bahu membahu untuk mewujudkan harapan dan mimpi almarhum.

“Almarhum (Anwar-red) punya mimpi agar Demokrat jadi pemenang di pileg 2019. Mimpi itu menjadi semangat bagi kami semua untuk mewujudkannya,” katanya.

“Kami juga tengah fokus dan bekerja keras untuk memenangkan pasangan JADI (Syahari Jaang-Awang Ferdian Hidayat) di kabupaten Berau,” tambahnya.

Sementara Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Berau, Marwan ketika dikonfirmasi terkait suksesor partai pengganti Anwar, mengaku belum tahu siapa yang akan memimpin partainya secara definitif ke depannya. Hanya saja, kini telah ada Plt Ketua DPC yang telah ditunjuk langsung oleh Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim, Syahari Jaang.

“Saya infokan Insya Allah hari Minggu tanggal 3 Juni 2018, kami ada acara buka puasa bersama kader Demokrat, yang juga akan dihadiri Ahmad Sukamto selaku Plt Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Berau. Ahmad Sukamto adalah Ketua Pemenangan Pemilu DPD Partai Demokrat Kaltim yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda,” tandasnya singkat.(NR. Dewi/bnc)