Algaka Banyak Tumbang, Estetika MTQ Terganggu

 

TANJUNG REDEB – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-40 tingkat provinsi Kalimantan Timur akan segera dimulai. Bahkan para kafilah dari kabupaten/kota se-Provinsi Kalimantan Timur direncanakan mulai hari ini, Rabu (02/05/2018) sudah berdatangan.

Namun demikian, pelaksanaan MTQ tersebut dinilai sedikit terganggu dari segi estetika, tatkala banyak Alat Peraga Kampanye (Algaka) yang tumbang, akibat cuaca yang tak bersahabat dalam beberapa hari terakhir ini.

Pantauan beraunews.com, setidaknya ditemukan 4 titik lokasi tumbangnya algaka, yakni Jalan Murjani II, Jalan Durian I, Jalan Pulau Sambit dan Simpang 4  Kilometer 5. Warga yang ditemui berainews.com di lapangan berharap, agar penyelenggara pemilu bersama tim pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dapat segera memperbaiki kerusakan yang ada.

“Kalau dilihat algaka roboh, harus cepat tanggap. Apalagi dengan adanya MTQ provinsi ini, kan malu kalau dilihat kabupaten lain,” ucap Sofyan.

“Bagusnya dibaikin lagi, jangan dibiarkan begitu saja, agar tidak menganggu jalan, parit juga buntu, dan supaya tidak malu dengan kabupaten yang lain yang akan datang ke Berau,” ucap warga lainnya, Mahmudin.

Baca Juga : Algaka Pilkada Kaltim 2018 Banyak Tumbang, Ini Kata KPU Berau

Dikonfirmasi terkait hal ini, Ketua KPU Berau, Roby Maula melalui Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Rita Noratni melalui pesan singkatnya mengatakan, alat peraga kampanye tersebut seluruhnya telah diserahterimakan kepada tim pasangan calon, sehingga segala kerusakan, perwatan dan pemeliharaan sudah menjadi tanggung jawab tim pasangan calon.

“Sudah menjadi tanggung jawab tim paslon, silahkan konfirmasi ke Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu, karena sudah ranah mereka,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Berau, Nadirah membenarkan apa yang disampaikan KPU Berau. Untuk itu, pihaknya segera mengirimkan surat kepada tim pasangan calon yang ada di Kabupaten Berau agar segera memperbaiki alat peraga kampanye yang rusak.

“Hari ini kami akan menyurat ke tim pasangan calon, agar sebelum pelaksanaan MTQ tanggal 4 Mei 2018, sudah terpasang semua. Apalagi, algaka merupakan sarana sosialisasi pasangan calon, jadi sangat disayangkan jika algaka yang roboh itu tidak diperbaiki dan akan menjadi kerugian bagi mereka,” tandasnya.(NR Dewi/bnc)